Wisata Air Terjun Curug Sirawe Wonosobo

0 249

Curug Sirawe

Curug Sirawe merupakan salah satu obyek wisata yang dekat dengan obyek wisata dataran tinggi Dieng. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara.

Lokasi Curug Sirawe

Curug Sirawe di Batang, Jawa Tengah, belum setenar Objek Wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar. Namun curug yang berada di Dusun Sigempol, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Wonosobo  ini tak kalah mempesona.

Keindahan Curug Sirawe

Di Curug Sirawe pengunjung bisa menikmati wisata alam berupa hutan lindung dan hamparan kebun sayur di areal lereng perbukitan. Untuk sampai di Curug, pengunjung harus berjalan kaki di jalan setapak sepanjang sekitar satu kilometer dari permukiman warga. Sebagian jalan setapak itu berlapis bebatuan yang licin.

Asal Mula Curug Sirawe

Nama Curug Sirawe diambil dari asal kata “rawe” yang artinya banyak suwiran atau seperti kain yang terdapat roncenya. Ini merujuk pada Curug yang terbagi dalam tiga lokasi yang saling berdekatan. Curug yang lebih kecil berada di atas, dan satu curug lain berada di dasar lembah. Yang unik dari curug ini adalah suhu airnya. Air dua curug yang berada di atas merupakan air panas. Satu curug lagi sangat dingin.

Konon Curug yang berada pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan air laut ini merupakan tempat persinggahan para dewa. Bebatuan bangunan candi Dieng konon pula diambil dari tempat ini.

Daya Tarik Curug Sirawe

Curug Sirawe semula menjadi tempat istirahat dan mandi para pencari kayu atau pencari madu hutan. Sejak diketahui keberadaannya, para petualang tertarik mendatangi tempat wisata yang sejuk ini. Pemerintah setempat kemudian menjadikan Curug Sirawe sebagai obyek wisata. Kalau ingin akses yang lebih mudah, obyek wisata Curug Sirawe bisa ditempuh dari Kabupaten Banjarnegara.

Para Petualang kerap mendatangi obyek wisata tersebut melalui Batang. Untuk program Visit Batang 2022 Heaven of Asia, Bupati Batang Wihaji akan membangun jalan dan bagunan di Curug Sirawe. Termasuk, masjid berukuran besar.

Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono memilih Kecamatan Bawang sebagai percontohan sentral kunjungan wisata di Kabupaten Batang. Terlebih Kecamatan Bawang memiliki enam titik wisata berupa lima curug dan satu wisata pemandian air hangat yang belum digarap secara maksimal.

Source wisata wonosobo
Comments
Loading...