Wisata Air Panas Hapanasan Rokan Hulu

0 33

Pemandian Air Panas Hapanasan

Wisata Air Panas Hapanasan ini terletak di Kawasan Wisata Gunong Bonsu, Kecamatan Rambah, atau berjarak sekitar 9 km dari pusat Kota Pasir Pangarayan. Bagi Anda yang letih dan ingin merehatkan tubuh serta pikiran, sangat cocok berkunjung ke kawasan wisata yang berada di lokasi yang rimbun tersebut. Merendam kaki dan tubuh di air hangat yang suam-suam kuku tentunya akan mampu merilekskan tubuh dan pikiran. Tak perlu repot merebus air setiap hari, di sini Anda bisa menikmati kehangatan air dengan lokasi suasana wisata yang cukup teduh.

Lokasi wisata Air Panas Hapanasan memiliki sumber air panas sebagai pos vulkanis. Suhu air panas yang tersedia di lokasi wisata ini juga cukup bervariasi, mulai dari 56 derajat celcius hingga 60 derajat celcius dengan debit air yang lebih besar. Air panas yang tersembur di pusat wisata ini diperkirakan memiliki debit 15 liter perdetik yang konstan sepanjang tahun. Objek wisata seluas 8 hektar tersebut memadukan beberapa konsep wisata yang bisa dikunjungi banyak orang. Di sini para pengunjung dapat menikmati beberapa hal yang terbagi dalam beberapa aspek.

Hasil gambar untuk Air Panas Hapanasan Rokan Hulu

Rekreasi keluarga
Di tempat ini para orang tua dan anak-anak bisa menikmati pemandian air panas yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Ada juga wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Suasana yang rimbun dan teduh menjadikan lokasi ini semakin nyaman untuk menjadi lokasi kunjungan harian bersama keluarga.
Biodiversitas (keragaman hayati)
Kawasan wisata Air Panas Hapanasan ini dikeliling oleh hutan tropis yang memiliki keanekaragaman hayati. Di tempat ini bisa kita temukan keanekaragaman tanaman yang biasa tumbuh di hutan tropis serta hewan yang juga mendiami lokasi hutan di sekitar pusat wisata.

Terapi kesehatan
Di lokasi wisata ini juga banyak yang ingin melakukan terapi kesehatan kulit dengan suhu air yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan.
Wisata olahraga
Untuk mereka yang menyukai tantang outbond, di sini tersedia berbagai wahana outbond yang bisa dinikmati, diantaranya panjat tebing, flying fox dan sebagainya.
Riset dan pendidikan
Di pusat wisata Air Panas Hapanasan ini terdapat sebuah lokasi bangunan Insektarium dan Pusat Informasi Kupu-kupu yang bisa dijadikan sebagai wisata pendidikan dan penelitian. Keanekaragaman hayati di lokasi wisata ini juga menjadi kajian para peneliti yang berkunjung.

Untuk mereka yang ingin lebih lama menikmati lokasi wisata air panas di lokasi ini juga bisa membuat perkemahan untuk bermalam. Karena lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk, maka bagi yang ingin berlama-lama di lokasi ini bisa memilih cara bekemah. Untuk yang ingin akomodasinya lebih lengkapi, maka bisa kembali ke pusat Kota Pasir Pangaraian.

Akses Menuju Pemandian Air Panas Hapanasan

Untuk bisa sampai ke lokasi pemandian air panas Hapanasan, Anda hanya perlu melalui jalan darat. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Pekanbaru, maka Anda bisa naik travel ke Pasir Pangaraian atau menggunakan kendaraan sendiri. Travel tujuan Pasir Pangaraian biasanya berangkat sore hingga malam hari. Untuk jenis angkutan umum bisa Anda temukan di area simpang empat Jl. Garuda Sakti, Panam, Pekanbaru. Angkutan umum biasanya lebih murah, sampai sebelum malam. Namun soal kenyamanan perjalanan tentu menyesuaikan.

Perjalanan darat menuju Pasir Pangaraian memakan waktu 5 hingga 6 jam, tergantung kecepatan berkendara. Lalu setelah sampai di pusat kota Pasir Pangaraian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi Wisata Gunong Bonsu, Kecamatan Rambah, Pasir Pangaraian. Sekitar 30 menit perjalanan, Anda sudah bisa sampai ke lokasi. Biasanya akan dipungut tiket masuk pada kisaran angka lima ribu rupiah atau lebih. Pada hari libur, lokasi ini ramai dikunjungi para keluarga maupun wisatawan yang berasal dari luar Rokan Hulu. Hati-hati membawa anak ke lokasi wisata ini karena ada banyak kolam berisi air panas.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/04/wisata-air-panas-hapanasan-rokan-hulu.html
Comments
Loading...