Wanawisata Sumber Krabyakan, Kota Malang

0 11

Sumber Krabyakan adalah sebuah kolam mata air alami yang terdapat di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Desa Sumber Ngepoh merupakan desa yang terletak di kaki pegunungan di timur Kota Lawang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pasuruan. Dari jembatan flyover Lawang, bila memandang ke sebelah timur akan terlihat hamparan pegunungan di mana Desa Sumber Ngepoh berada. Obyek wisata ini memang masih kurang dikenal dan jarang diketahui masyarakat luas. Pengunjungnya pun lebih banyak berasal dari daerah Lawang dan sekitarnya. Sumber Krabyakan berada di kawasan hutan Perhutani petak 38F RPH Cowek, BKPH Lawang Timur, KPH Pasuruan. Lokasinya terletak di bawah kaki pegunungan dengan pemandangan alamnya cukup asri.

Untuk menuju obyek wisata ini Anda bisa melalui Kota Lawang terlebih dahulu. Jika sudah mencapai Pasar Lawang, tepat di seberang timur terdapat Jalan Pandawa dan dari sini lokasi Krabyakan masih sejauh sekitar 3 km lagi. Sayangnya tidak adanya papan petunjuk arah menuju lokasi wisata ini menyebabkan pengunjung yang baru pertama kali datang akan cukup kesulitan mencapainya. Jadi sebaiknya anda banyak bertanya kepada penduduk sekitar jalan untuk menuju tempat wisata sumber air Krabyakan ini. Tempat wisata ini sangat layak dikembangkan menjadi tempat wisata alternatif yang menarik. Suatu tempat yang sangat menarik, mengobati lelah, dan menyegarkan mata.

Jalan yang harus dilalui pengunjung juga cukup memanjakan mata, karena dikelilingi persawahan dan pegunungan yang membentang hijau. Sementara pepohonan rindang berderet di tepi jalan. Tetapi kondisi jalan masih terlihat banyak lubang di beberapa bagiannya. Maka sampailah kita di kolam alami yang sejuk dan asri ini. Setelah memasuki kawasan wisata Krabyakan, Anda bisa menitipkan kendaraan bermotor di tempat parkir yang sudah disediakan dengan membayar hanya Rp 2.000,00. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, dengan membayar hanya 1.000 rupiah pada hari-hari biasa. Dengan biaya yang sangat murah ini Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang masih bersih dan alami.

Obyek wisata Krabyakan ini sangat menarik karena merupakan sumber mata air yang dibentuk seperti kolam dan tersusun dari batu kali yang ditata melingkar di tepi kolam. Kesan alami tidak hanya pemandiannya saja, Anda akan menikmati suasana alam, pemandangan sawah dan bukit yang menghijau. Gemericik air sungai menambah kesejukan yang ditawarkan. Kealamian panorama yang sangat jarang ditemukan ini bisa menjadi pelepas penat. Lokasinya pun sangat nyaman, dan udaranya masih segar.

Pemandian alami Sumber Krabyakan sangat cocok untuk tempat berlibur keluarga. Selain airnya yang jernih, kolamnya juga sangat alami karena dikelilingi bebatuan. Tempatnya sangat bagus dan alami. Di area wisata pemandian alami Sumber Krabyakan tersedia banyak kolam tanah ukuran kecil yang dihuni ikan-ikan. Kolam terapi ikan ini juga banyak diminati pengunjung. Banyak pengunjung yang memanfaatkan terapi ikan yang hanya membayar Rp 2.000 itu. Terapi ikan selain bisa membuat rileks pikiran juga menghilangkan gatal-gatal pada kulit kaki.

Pada saat hari libur, pemandian itu banyak dikunjungi wisatawan. Pengunjung wisata Sumber Krabyakan rata-rata datang bersama keluarga. Mereka berasal dari berbagai daerah di Malang Raya dan sekitarnya. Tempat wisata tersebut selain murah juga sangat alami. Mata air yang mengalir deras di sejumlah anak sungai juga bisa dijadikan untuk bermain air yang nyaman dan menyenangkan. Namun obyek wisata Sumber Krabyakan ini masih cukup banyak yang perlu dibenahi agar lebih banyak pengunjung yang datang. Seperti minimnya fasilitas bagi pengunjung dan kurangnya penataan pepohonan rindang di sekitar pemandian. Sehingga para pengunjung yang datang kesulitan berteduh bila pada saat cuaca sedang panas. Begitu juga akses jalan untuk menuju lokasi wisata masih kurang memadai.

Source http://ngalam.id http://ngalam.id/read/4722/wanawisata-sumber-krabyakan/
Comments
Loading...