Wanawisata Ciburial di Sumedang Jawa Barat

0 250

Wanawisata Ciburial

Wanawisata Ciburial adalah tempat wisata yang eksotik tersembunyi yang menyimpan potensi wisata alam yang besar. Untuk menuju ke Wanawisata tersebut hanya memerlukan waktu tempuh 10 menit dari perempatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang dan bertempat di Desa Licin, Kec. Cimalaka, Sumedang.  Kecamatan Cimalaka sendiri mempunyai luas wilayah sekitar 40 km persegi dengan ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Cimalaka adalah surga karena menyimpan banyak mata air, udara yang sejuk serta potensi lahan pertanian yang demikian subur dan luas.

Daya Tarik Wanawisata Ciburial

Wanawisata Ciburial mempunyai bukit kecil yang memiliki track menarik dan tidak terlalu terjal. Trak ini sangat cocok dan memudahkan terutama untuk mengenalkan alam kepada anak-anak. Terdapat dua percabangan jalan setapak, yang satu ke arah puncak bukit kecil serta yang lain kearah makam keramat Ki Sunda Uyut Sadim Dibagian bawah wanawisata tersebut ada sebuah mata air besar yang khusus ditempatkan pada sebuah kolam yang berukuran 30 x 10 meter. Menurut sumber setempat mata air tersebut akan sangat terlihat terutama pada musim kemarau. Sebagaimana lazimnya mata air, air disitu sangat jernih dan segar walaupun ditanami ikan dan seringkali dijadikan arena memancing anak-anak.

Keindahan Wanawisata Ciburial

Air dari mata air tersebut mengairi banyak kolam disekitar mata air. Kolam-kolam yang digunakan warga setempat untuk budidaya air tawar dan mengembangkan ikan-ikan eksotik yang benilai tinggi dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hanya sayang disana-sini di saluran irigasi kecil sekitar mata air banyak sekali sampah plastik yang berceceran. Kolam mata air juga secara langsung digunakan untuk tempat para remaja mencuci motor dengan menggunakan sampo dan bahan kimia, hingga mencemari aliran air dari mata air dan menimbulkan pemandangan yang tidak indah.

Fasilitas Wanawisata Ciburial

Nampaknya harus ada upaya komprehensif untuk melastarikan mata air dan wanawisata Ciburial tersebut. Upaya-upaya untuk mengedukasi warga masyarakat sekitar agar memiliki rasa menyayangi dan memiliki kekayaan alam yang sudah Tuhan titipkan kepada mereka. Termasuk upaya-upaya untuk membuat site-plan yang baik sehingga memungkinkan fasilitas tersebut terjaga kebersihan dan keindahannya terutama untuk prasarana dasar yang saat ini belum tersedia seperti tempat sampah, ruang parkir, larangan memancing/mencuci motor di sekitar mata air serta yang lainnya.

Source Jalan Wisata komunitas
Comments
Loading...