Wana Wisata Km 10 Balikpapan

0 75

Wana Wisata Km 10 atau dikenal juga dengan kebun binatang mini pada masa jayanya. Kini, sudah lebih lima tahun tempat tersebut tidak lagi didatangi pengunjung. Sebagian besar fasilitasnya, masih terpasang dalam keadaan tidak terawat. Dari aula, pos, wahana permainan anak, dan berbagai kandang hewan masih berdiri di area wisata yang memiliki luas 15,2 hektare tersebut.

Tidak mudah saat memasuki area yang dulunya sempat menjadi kebanggaan masyarakat Balikpapan tersebut. Dari pinggir jalan, masuk ke dalam, mencapai jarak sekira 2 km, kondisi jalan rusak cukup parah. Bebatuan besar di jalan terjal sedikit mengundang adrenalin bagi warga sekitar yang tinggal di sekitar area wana wisata yang dikelola PT Inhutani tersebut. di sepanjang jalan masuk, banyak terdapat perkebunan warga. Serasa melintas di alam pedesaan dengan jalan yang masih kurang mendukung.

 

Sekitar 300 meter sebelum mencapai pintu masuk, terdapat plang yang bertuliskan agar pengunjung membeli tiket masuk di tempat penjagaan. Tulisannya sedikit kabur, tapi masih bisa dibaca. Sesampainya di dalam, hanya ada perasaan seperti berada di dalam ruangan gelap tanpa penerangan. Hanya kicauan burung yang sedikit menghibur.

Salah satu kandang yang terbuat dari besi, masih terkurung seekor monyet ekor panjang yang terlihat tidak terurus. Dari keterangan warga sekitar, masih ada orang yang bertugas untuk menjaga lahan serta mengurus tempat tersebut, namun tidak bisa dipastikan kapan keberadaannya.

Source http://balikpapan.prokal.co http://balikpapan.prokal.co/read/news/172751-nasibmu-kini-wana-wisata-km-10-balikpapan
Comments
Loading...