Wana Wisata Gua Jepang Alas Gedangan Jombang

0 211

Alas Gedangan

Alas Gedangan merupakan salah satu wisata alam yang tersembunyi di kawasan Goa Jepang Alas Gedangan ini masuk dalam wilayah Kecamatan Mojoagung, Jombang Lokasinya yang berada di jalur menuju Wonosalam membuat Wana Wisata Goa Jepang ini sering dikira bagian dari Wonosalam.

Memang, lokasinya hanya setengah kilometer dari perbatasan Mojoagung-Wonosalam, dan hanya 8 kilometer jaraknya dengan Bukit Hijau Pinus yang menyajikan destinasi wisata sejenis. Bedanya, di Gua Jepang ini terhampar pepohonan Jati, sehingga layak pula disebut Bukit Jati. Dinamakan Alas Gedangan, karena lokasinya yang berada di hutan yang terhampar di daerah Gedangan Mojoagung, yang merupakan bagian dari tanah Perhutani. Gedangan ini juga merupakan pintu masuk ibukota kerajaan Majapahit bagian timur yang berada di Jombang.

Akses Menuju Alas Gedangan

Untuk menuju tempat wisata yang terletak di bukit yang dipenuhi pohon jati ini sangat mudah dan bisa dicapai dengan mobil. Dari pertigaan terminal Mojoagung yang ada Menara Air adik kecil watertoren Ringin Conthong itu, kita kearah selatan. Sebelum jembatan besar, ada pertigaan Mojolegi, kita belok kiri mengikuti rambu penunjuk arah yang menyatakan arah menuju Wonosalam dan Agrowisata Panglungan.

Lurus terus hingga berjumpa dengan jalan bercabang, kita ambil arah kanan. Ikuti arah jalan hingga habisnya rumah-rumah penduduk, berarti kita sudah masuk Alas Gedangan. Lanjut ikut arah jalan hingga kita bertemu dengan gapura di kiri jalan yang sudah dihias bertuliskan “Selamat Datang di Wana Wisata Goa Jepang” yang menandakan kita sudah tiba di lokasi.

Harga Tiket Alas Gedangan

Untuk masuk ke tempat wisata naungan Perhutani ini, kita kini diwajibkan membayar Rp. 5000,- per orang yang dibayarkan di loket masuk di sebelah gapura. Bayi dan anak-anak digratiskan, termasuk yang dibawa Jombang City Guide. Tarif parkir untuk mobil seharga sepuluh ribu rupiah dan motor separuhnya.

Petugas yang berjaga di lokasi adalah karang taruna setempat, dan seluruh tiket hasil parkir dan karcis masuk diserahkan ke PLH Perhutani sebagai pihak pemilik lokasi wisata. Wana Wisata Gua Jepang yang merupakan destinasi utama di tempat ini, kini dilengkapi dengan spot foto dan rumah kayu serta berbagai infrastruktur lain yang memungkinkan membuat lokasi ini makin populer.

Source http://jombangcityguide.blogspot.co.id http://jombangcityguide.blogspot.co.id/2017/05/wana-wisata-gua-jepang-wisata-sejarah.html
Comments
Loading...