Vihara Sun Go Kong, Wisata Religi di Belitung

0 11

Vihara Sun Go Kong, Belitung

Vihara Sun Go Kong merupakan salah satu wisata religi yang ada di Kab. Belitung Timur, Kalian masih ingat dengan raja kera yang sakti dan nakal bernama Sun Go Kong yang akhirnya diangkat menjadi Dewa setelah berhasil dalam misinya menemani Pendeta Tong selama perjalanan ke barat untuk mengambil kitab suci? Journey to the West adalah film yang sangat populer pada zaman saya masih mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar (SD) dulu. Di Pulau Belitung, tepatnya di Belitung Timur, berdiri sebuah Vihara yang memusatkan pemujaan kepada Dewa Kera Sun Go Kong.
 
Vihara ini terletak tidak jauh dari Vihara Buddhayana Burung Mandi yang populer. Hanya lima menit waktu yang diperlukan dari Vihara Burung Mandi untuk sampai di Vihara Sun Go Kong. Namun, nasib kedua Vihara ini sangat jauh berbeda. Terlebih, kedua Vihara ini kami kunjungi dalam waktu yang berdekatan, sehingga kesenjangan ini sangat terasa, Vihara Burung Mandi berdiri dengan indah dan kokohnya sedangkan Vihara Sun Go Kong dihiasi oleh cat yang telah memudar dan atap bangunan yang telah berlubang dibeberapa tempat.

Kabar baiknya adalah, menurut pengurus Vihara, Vihara ini akan dirobohkan untuk kemudian dibangun kembali setelah ulang tahun Vihara tahun 2012. Perayaan ulang tahun Vihara ini akan digelar pada 01 Oktober 2012, hanya 3 hari setelah kunjungan kami. Masih menurut sang pengurus, Vihara yang berdiri diatas lahan seluas 3ha ini dibangun dengan menggunakan dana sumbangan dari para donatur yang merasa telah dibantu oleh Sang Dewa Kera.
Source http://wesajelajahindonesia.blogspot.com http://wesajelajahindonesia.blogspot.com/2013/08/vihara-sun-go-kong-belitung.html
Comments
Loading...