Vihara Nam Hai Se Im Pu Sa, Kota Sukabumi

0 39

Vihara Nam Hai Se Im Pu Sa

Vihara Dewi Kwan Im merupakan salah satu objek wisata Sukabumi yang tepatnya berada di Desa Kertajaya Kecamatan Simpenan Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi ini sendiri menjadi unik karena selain dijadikan sebagai tempat ibadah lokasi in juga dijadikan sebagai tempat atau destinasi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam khususnya panorama lepas pantai yang indah dan sangat eksotis karena letak vihara ini sendiri berada di atas bukit. Vihara ini sendiri di bangung atas prakarsa seorang warga Thailand yang bernama Anotahi Kamonwathin, atau para teman teman dekatnya sering memamnggilanya dengan nama Mama Airin.

  

Pada awalnya Mama Airin ini bermimpi bahwa dirinya diutus untuk membangun sebuah vihara yang lokasinya berada di pesisir laut, dia percaya bahwa kuil yang Nampak dalam mimipinya tersebut pernah di bangung pada zaman dulu tepatnya pada dinasti Qing namun seiring berjalanya waktu viara tersebut menghilang, sebenarnya Mama Airin ini memulai mencari lahan kosang untuk di bangun kuil dari negeri asalnya dulu di Thailland namun karena ia tidak menemukanya akhirnya ia mencari lahan kosong yang memiliki teksutr sama dengan yang ada di mimpinya tersebut hingga ke Indonesia.

Di Indonesia Mamah Airin mendapatkan beberapa lahan yang sesuai dalam mimpinya tersebut, ada di daerah kidung dan juga di daerah malang namun beliau sendiri lebih tertarik hari untuk membeli lahan di daerah Pelabuhan Ratu karena ia mengatakan letaknya dan teksturnya sangat benar benar mirip dengan apa yang ada di dalam mimpinya tersebut, akhirnya Viahara ini selesai di bangun pada tanggal 8 Agustus 2008.

Daya Tarik Vihara Nam Hai Se Im Pu Sa

Awal kita memasuki gerbang Vihara Vihara Dewi Kwan Im kita akan langsung di sambut dengan patung naga berkepala tujuh yang memanjang ke atas, ukiran naga ini sangat khasi sekali dengan warna emas dan juga gaya ukiran Thailand yang unik, lebih masuk kedalam kita akan menemukan tangga dengan jumlah kurang lebih 500 anak tangga, pada tiap tiap tingkatan tertentu akan kita temukan patung patung dewi bumi dan Buddha julai, semakin ke atas kita para wisatawan akan banyak menemukan altar yang dihiasi dengan patung dewa dewi.

Sesampainya kita di altar utama kita akan menemukan patung Sun Go Kong dengan gurunya, dari altar utama inilah para wisatawan akan dibuat sangat takjub dengan pemandagan alam yang bisa dilihati di posisi mereka berdiri sekarang, birunya laut yang sangat luas menjadi salah satu panorama yang akan kita temukan dan pastinya akan membuat para wisatawan menjadi takjub akan keindahan alam ini. Selain itu yang menjadikan vihara ini unik dan beda dari vihara pada umumnya yakni pada umumnya vihara lain memajang patung patung dewa dewi berbeda dengan vihara yang satu ini yang memajang altar altar seperti altar Semar, altar Prabu Siliwangi dan yang paling unik yakni altar khusus untuk Nyi Roro Kidul.

Rute Menuju Vihara Nam Hai Se Im Pu Sa

Rute untuk dapat mencapai tempat wisata religi sekaligus tempat wisata alam ini yang satu ini dapat di tempuh dengan berjarak 25 Km dari Pelabuhan Ratu dan 80 Km dari pusat kota Sukabumi, untuk dapat mencapai lokasi ini kita tinggal mengikuti plang penunjuk arah menuju Pantai Loji karena Vihara ini sendiri letaknya memang berada di pantai loji.

Source https://pengenwisata.com https://pengenwisata.com/tempat-wisata/vihara-dewi-kwan-im-pelabuhanratu/
Comments
Loading...