Vihara Girinaga, Kota Makassar

0 82

Vihara Girinaga

Vihara Girinaga Makassar kembali menjadi perhatian dunia karena adanya penghargaan yang diperoleh dari tokoh besar Luar Negeri. Baru-baru ini, Istana Kerajaan Kamboja memberikan penghargaan khusus dalam bentuk Piagam. Piagam penghargaan yang diberikan kepada Vihara yang terletak di Kota Makassar ini adalah penghargaan di bidang budaya dan kerjasama. Penghargaan diserahkan secara langsung di Kota Phnom Pen, Kamboja, pada Kamis lalu.

Perlu diketahui, bahwa penghargaan tersebut adalah penghargaan tertinggi di bidang kebudayaan. Sungguh sebuah kebanggaan bahwa penghargaan tersebut bisa diterima oleh Indonesia, khususnya Vihara Girinada di Kota Makassar ini. Penghargaan berupa piagam dan miniatur simbol kerajaan Kamboja ini diserahkan langsung oleh Raja Kamboja, Narodom Sihamony kepada Ketua Vihara Girinaga Makassar, Roy Ruslim, pada upacara resmi di Istana Raja Kamboja.

Pada acara penyerahan penghargaan yang dilakukan di Kawasan Samdach Sothearos, pusat kota Phnom Penh ini, sedikitnya ada 15 pengurus dan umat Vihara Girinada Makassar yang hadir. Turut hadir juga, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Sulawesi Selatan, Willanto Tanta. Selain Vigara Girinaga Makassar, tercatat ada juga sekitar 20 vihara lain dari seluruh Indonesia yang juga turut diundang dalam perhelatan kerajaan Kamboja tersebut.

Tahukah kalian, kalau kalian berkunjung ke Vihara Girinaga Makassar, kalian akan merasakan atmosfir seperti di Kamboja? Vihara yang terletak di Jalan Salahutu II, Kota Makassar ini memiliki banyak ornamen yang berbau Budhis, mulai dari bentuk bangunannya, pernik-pernih ibadahnya, hingga benda-benda antik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Vihara ini adalah Vihara terbesar sekaligus tertua di Makassar, yang dibangun sekitar tahun 1960-an. Bagi pengunjung yang ingin masuk dan belajar tentang kekhasan Budha, kalian yang memiliki kepercayaan non-budhis juga diperbolehkan masuk, tanpa dipungut biaya. Kalian juga akan bertemu dengan pemandu lokal yang siap menjelaskan banyak hal tentang vihara tersebut.

Nah,kalau Vihara Girinaga sendiri sudah mendunia, apakah kalian yang tinggal di sekitaran Makassar sudah pernah berkunjung ke tempat ini? Yuk berkunjung, karena selain kita bisa semakin mengetahui kehidupan masyarakat Budhis, kita juga bisa belajar banyak tentang hal-hal tionghoa, yang pastinya kita tidak bisa pelajari di luar.

Source http://www.cakapcakap.com http://www.cakapcakap.com/penghargaan-untuk-vihara-girinaga-makassar-dari-raja-kamboja/
Comments
Loading...