Vihara Avalokitesvara, Keindahan Wisata Religi

0 141

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang berlokasi di Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura. Tepatnya bersebelahan dengan destinasi wisata Pantai Talang Siring. Di lahan seluas kurang lebih 3 hektar ini, bangunan yang juga dikenal dengan nama Vihara Kwan Im Po Sat ini didirikan pada abad ke 18, atau 1.800 sebelum masehi. Dan kenapa dinamakan juga sebagai Kelenteng Kwan Im Kiong? Karena di dalam vihara ini terdapat patung Kwan Im Po Sat alias Avalokitesvara, Dewi Welas Asih. Dengan tngginya 155 sentimeter, tebal tengah 36 cm, dan tebal bawah 59 cm.

Karena bangunan ini yang telah ada dari beribu tahun yang lalu, tidak heran rasanya jika bagi masyarakat Tionghoa, vihara ini memiliki daya tarik tersendiri, apalagi ada sejarah yang berkaitan pula dengan sisa-sisa peninggalan kebudayaan zaman Majapahit. Pada awalnya, vihata atau klenteng ini hanyalah sebuah bangunan yang beratapkan daun kelapa yang difungsikan sebagai tempat menampung penemuan patung-patung dari kerajaan Majapahit yang dikirim untuk salah satu kerajaan di Pamekasan.

Banyak sekali keunikan yang ada di Vihara Avalokitesvara ini, selain arsitekturnya yang sangat kental dengan nuansa Tionghoa yang terlihat dari warna cat merah menyala, ukiran-ukiran patung naga di sana sini dan juga atap dari gapuranya sangat kontras dengan bangunan lain yang ada di sekitar vihara tersebut. Tidak hanya itu, di komplek peribadatan umat Tridarma itu juga terdapat sebuah mushola dan pura. Inilah bentuk dari kebersamaan, rasa saling menghormati dan menghargai antar umat beragama yang harus terus kita jaga di mana pun itu.

Untuk anda yang berencana mengunjungi vihara ini tidak perlu bingung karena letaknya mudah ditemukan. Dan anda bisa mengendarai kendaraan pribadi anda seperti motor dan mobil langsung menuju ke kota Pamekasan yang berjarak tidak terlalu jauh dari jembatan Suramadu. Atau anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum yang ada di sana. Jam buka dari vihara ini dimulai dari jam 07.00 pagi wib hingga pukul 17.00 sore wib, setiap hari kecuali jika ada peringatan acara tertentu. Para pengunjung juga tidak perlu khawatir untuk ditarik biaya tiket masuk karena untuk akses ke dalam area vihara itu gratis.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Vihara-Avalokitesvara
Comments
Loading...