Tugu Pers Sebagai Bangunan Simbolik Untuk Hari Pers Nasional di Jambi

0 30

Tugu Pers

Tugu Pers merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di Kota Jambi, tepatnya di Jl. Sultan Agung, Pasar Jambi. Tugu Pers ini juga dikenal sebagai bangunan simbolik untuk Hari Pers Nasional. Hari Pers Nasional sendiri diselenggarakan setiap tahuan pada tanggal 9 Februari, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan mandat Presiden Soeharto yang tertuang dalam Keputusan Presiden RI No. 5 Tahun 1985.

 

Keberadaan tugu pers ini merupakan salah satu momentum penting yang menandakan keberhasilan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah saat perayaan HPN 2012 lalu. Mengusung tema “Pers Merdeka, Rakyat Punya Suara”, di sekeliling tugu ini dibuat galeri pers yang menampilkan berita koran Jambi. Tujuan dari galeri pers ini agar masyarakat yang berada di sekitarnya atau yang sekedar lewat bisa mendapatkan pembaruan informasi yang diberitakan oleh koran di Jambi.

HPN 2012 lalu juga ditandai dengan beberapa kegiatan, seperti peluncuran 19 buku mengenai jurnalisme karya wartawan Indonesia dan komponen pers nasional. Ada banyak sekali wartawan senior yang turut menerbitkan karyanya, antara lain Ishadi SK (Habis Gelap Terbitlah Terang, Profil Dahlan Iskan di PLN), Wikrama Abidin (Repotnasi), Widodo Asmowiyoto (Meretas Jejak, Mencari Makna), Hendry Ch Bangun (Berita Olahraga Tempo Doeloe), Maskun Iskandar bersama Atmakusumah (penyunting Panduan Jurnalistik Praktis), dan Priyambodo RH (Penyusun Pedoman Uji Kompetensi Wartawan).

Source https://dialekito.com https://dialekito.com/tugu-pers-hari-pers-nasional/
Comments
Loading...