Tugu Khatulistiwa Parigi Moutong

0 135

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan potensi wisata dunia, yang ada di Sulawesi Tengah tepatnya berada di Kabupaten Parigi Moutong, tepatnya di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan. Sehingga dari dahulu  keberadaan tugu tersebut sudah banyak di kunjungi para wisatawan dari lokal, nasional maupun mancanegara.

Ada hal yang menarik yang anda dapatkan jika kita berkunjung ke objek wisata ini, dimana kita dapat merasakan fenomena alam yang unik, di mana saat equinox yang jatuh setiap tanggal 21 Maret dan 23 September, jarum yang diletakkan di botol di titik nol akan melayang. Kapan saja Anda berkunjung, Anda dapat mencoba meletakkan telur ayam di titik nol dan melihatnya berdiri tegak tanpa tergulir.

Setelah sekitar 2,5 jam menyusuri Pantai Timur, anda akan sampai di desa Sinei. Di sebuah tikungan jalan Trans Sulawesi anda akan menjumpai tugu yaitu Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa tidak hanya berada di Pontianak, di Sulawesi Tengah pun juga ada. Dari prasasti yang berada di depan tugu ini, diketahui bahwa tugu ini dibangun pada tahun 1992 sebagai tanda bahwa desa ini berada tepat pada garis khatulistiwa.

Pembangunan tugu tersebut dalam rangka kegiatan Latihan Integrasi Taruna Dewasa (LATSITARDA) Nusantara XIII. Dan diresmikan pada tanggal 9 Juli 1992 oleh Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, Jenderal TNI Try Sutrisno. Tugu ini sebelum setenar tugu khatulistiwa yang berada di Pontianak. Namun sebenarnya dapat menjadi ikon kabupaten Parigi Moutong, sama seperti tugu khatulistiwa yang menjadi ikon kota Pontianak. Sesuatu yang special yang pantas dibanggakan. Seperti lokasinya yang berada di daerah Sulawesi Tengah, diatas tugu ini ada miniatur pulau Sulawesi Tengah.

Source http://wisatapalu.com http://wisatapalu.com/wisata-alam-di-sulawesi-tengah-parigi-moutong
Comments
Loading...