Tonrangeng River Side, Kota Parepare

0 84

Tonrangeng River Side

Kota Parepare, Sulawesi Selatan dikenal akan wisata alamnya. Mulai dari hutan kota hingga pantai keramat yang dipercaya memiliki sumur air tawar yang dipercaya bisa mempertemukan dengan jodoh segera, Namun, beberapa tahun belakangan, selain wisata alam Parepare juga dikenal akan pembangunan kotanya yang kian pesat.

Apalagi ketika kota kelahiran B. J. Habibie ini berada di bawah pemerintahan M. Taufan Pawe. Walikota yang telah menjabat selama 4 tahun ini baru saja merampungkan satu lagi proyek pembangunan berupa jembatan bernama Tongrangeng.

Uniknya, jembatan ini dibangun sebagai akses jalan yang menghubungkan Jembatan Sumpang dengan Rumah Sakit Umum Tipe B Plus Pendidikan Hasri Ainun Habibie. Namun, jembatan ini kemudian ditata sedemikian rupa sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk bersantai dan diberi nama Tongrangeng Riverside.

Di sekitar jembatan, ada ruang terbuka hijau yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ketika malam hari pun, lampu-lampu di sekitar jembatan akan menyala dan menambah kecantikan wilayah Kecamatan Bacukiki Barat ini.

Meskipun sempat molor dari jadwal yang seharusnya–sebelum tahun baru 2017–jembatan ini sudah direncanakan secara matang. Jembatan layang ini akan menjadi jalan penghubung menuju Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie yang nantinya akan menghadirkan para dokter tenaga ahli dari Jepang.

Ada dua konsep utama yang sangat menonjol yaitu Tonrangen Riverside sebagai pendukung dari lahirnya rumah sakit Medical Tourism, lalu di sisi selatannya akan ada ruang hijau dan sisi utara nanti akan ada fasilitas wisata kuliner tradisional dengan menghadirkan juga restoran terapung seperti yang banyak terdapat di pulau Jawa.

Jadi masyarakat lokal maupun pengunjung dari luar daerah yang mengunjungi rumah sakit bisa sekaligus menikmati keindahan kota Parepare. Ditulis Pare Pos, Taufan sempat menjelaskan, konsep medical tourism, sedikit demi sedikit akan saling menyangga dan mendukung sarana wisatanya. Di sana juga nanti
akan dibuat wisata bahari yang akan mengantar masyarakat atau pengunjung melihat Salo Karajae dengan keindahan teluk, keindahan terumbu karang.

Selat Makassar dan melihat matahari terbenam. Kini, bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun parepare ke-57 tanggal 17 Februari lalu, jembatan telah rampung dan dikunjungi wisatawan setempat. Taufan pun berharap Tonrangeng Riverside nantinya akan menjadi tujuan wisata baru yang dapat meningkatkan perekonomian sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Kota Parepare.

Source https://beritagar.id https://beritagar.id/artikel/piknik/tonrangeng-wisata-tepi-sungai-di-parepare
Comments
Loading...