Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-o2rBVG.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Teras Cikapundung, Taman Baru di Bandung

0 178

Teras Cikapundung

Teras Cikapundung merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Sungai Cikapundung, Babakan Siliwangi, Bandung, Jawa Barat. Dulu tempat ini merupakan deretan rumah kumuh dan bantaran sungai Cikapundung yang tidak terawat. Kini tempat ini disulap menjadi taman yang indah dan tertata rapih.

Fasilitas di Teras Cikapundung

Untuk konsep urban, Teras Cikapundung bisa menjadi tempat berkumpulnya masyarakat umum, komunitas, hingga seniman-seniman di Bandung. Lokasinya sendiri di kawasan Babakan Siliwangi (Baksil) yang dekat dengan gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Adapun konsep ekologi di tempat ini yakni dengan adanya perpaduan dengan alam hijau yang selama ini dikenal jadi ciri Babakan Siliwangi. Bahkan aliran Sungai Cikapundung pun mulai diberdayakan, salah satunya dengan adanya perahu karet. Beberapa fasilitas yang ada di Teras Cikapundung, di antaranya:

  • Jembatan Merah

Ciri khas di sini adanya jembatan dengan warna eye catching yakni merah yang jadi penghubung di antara bantaran Sungai Cikapundung. Selain itu, ada juga terasering buat duduk-duduk atau nonton ke arah amphitheater.

  • Amphitheater

Dengan mengusung konsep ekologi, amphitheater ini tetap memperhatikan tata kelola lingkungan yang baik. Di area amphitheater dibuat sumur resapan yang berjumlah 15 buah. Di area tersebut juga ditanami pohon dan tanaman untuk membuat kawasan tersebut hijau dan tetap asri. Di amphitheater, masyarakat bisa melakukan aktivitas pertunjukan atau bisa jadi tempat nonton bareng.

  • Air Mancur

Air yang muncrat dari bawah ini ada beberapa lubang. Tak kalah dengan kembarannya di Cikapundung riversport. Spotnya dekat dengan Jembatan Merah, pas banget buat nongkrong.

  • Kolam

Di sini pun nantinya dilengkapi dengan adanya kolam ikan, hutan kota, sawah, dan lain-lain. Kolam ikan yang ada di sini akan diisi dengan ikan-ikan khas Sungai Cikapundung yakni badar, kehkel, dan beunteur.

Harga Tiket Teras Cikapundung 

Pengurus Teras Cikapundung pun menawarkan wahana rafting sekalian beberesih sugngai. Ini dimaksudkan untuk memberi edukasi kepada warga Bandung mengenai seberapa pentingnya menjaga kebersihan sungai. Untuk tiket hanya Rp10.000 (dewasa) dan Rp5.000 (anak-anak), pengunjung bisa menikmati perjalanan di sungai Cikapundung dan tiket sudah termasuk dengan pelampung untuk setiap pengunjung. Wahana rafting dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Rute Menuju Teras Cikapundung 

  1. Dari Jalan Ir. H. Juanda (Dago) di simpang lima belok kiri ke Jln. Sumur Bandung, pas pertigaan ambil arah kanan ke Jln. Tamansari kemudian belok kiri ke arah Jalan Siliwangi/kawasan Babakan Siliwangi (sebelum pertigaan ke Ciumbuleuit).
  2. Dari Jln. Cihampelas, ambil ke arah Jln. Ciumbuleuit, di pertigaan belok kanan ke Jln. Siliwangi (jalan ke arah stopan simpang Dago).  Tak jauh dari turunan, lihat sebelah kiri.
Source Jalan Wisata wisata bandung
Comments
Loading...