Tempat Wisata Waduk Gebyar Sragen Jawa Tengah

0 270

Waduk Gebyar

Waduk Gebyar merupakan salah satu tempat wisata air yang ada di Sragen. Wadik ini ternyata memiliki keindahan alam yang cukup menawan, waduk ini juga disebut Waduk Brayut. Waduk ini terletak di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo,Kabupaten Sragen. Nama Waduk Gebyar dalam bahasa Jawa alias Segebyar. Waduk ini bertambah menawan dengan latar belakang keangkuhan dan kegagahan Gunung Lawu. Keberadaannya yang ada di tengah-tengah perbukitan, membuat suasana lebih asri dan sangat cocok dijadikan lokasi berburu gambar bagi para pecinta fotografi.

Keindahan Waduk Gebyar 

Suasana Waduk Gebyar menawarkan kesejukan. Banyak pengunjung menikmati sembari duduk di pinggir waduk. Banyak pula pemancing ikan di bibir waduk, membuat suasana semakin asri. Tampungan air tersebut nantinya digunakan untuk mengaliri sawah milik petani desa setempat. Waduk Gebyar dapat menampung air hingga 701.295 meter kubik. Sayangnya saat ini endapan lumpur membuat jumlah tampungan air itu jauh berkurang.

Rute Menuju Waduk Gebyar 

Rute perjalanan dari Sragen ke arah Sambirejo. Tetap di jalan Sabirejo lurus hingga kurang lebih 6 km, disebelah kiri ada Waduk Blimbing. Disamping waduk ada jalan menuju Jambean. Ikuti jalan ini hingga Waduk Gebyar. Dari kota Sragen hingga Waduk Gebyar membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Waduk ini telah ramai sejak pagi. Banyak pria paruh baya telah bersiap melempar joran di tepi waduk. Banyak anak-anak pula yang dating bersama keluarga mereka sedang berlari-lari di atas talut pinggiran waduk. Dari waduk ini kita bias menikmati Sunrise (terbitnya matahari) di pagihari. Pemandangan Waduk Gebyar akan tampak lebih indah dipandang dari atas bukit yang ada di sebelah timur laut waduk. Dari atas bukit ini bias kita nikmati keindahan lansekap, ladang jagung, sungai, tebing kapur, gunung Lawu juga tampak jelas dari atas bukit ini.
Source wisata sragen
Comments
Loading...