Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Bandung

0 320

Situ Ciburuy

Situ Ciburuy merupakan sebuah danau alami yang lumayan cukup terkenal dikalangan para wisatawan nusantara. Saking terkenalnya, situ ini bahkan sudah diangkat sebagai tema lagu tradisional sunda berjudul sama. Situ Ciburuy yang terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Padalarang, Kab Bandung Barat sekitar 25 km dari pusat Kota Kembang, membuat situ ini banyak digemari oleh para pecandu wisata danau.

Situ Ciburuy memiliki luas sampai 25 hektar dengan pulau yang begitu rindang di tengah-tengahnya. Pemandangan alamnya begitu menakjubkan. Untuk mencapai ke tengah danau tersebut maka pengunjung bisa menyewa perahu yang beraneka warna dengan biaya Rp 15.000. Situ Ciburuy kini sudah ditata lebih rapi, antara lain dengan memperbaiki jalan masuk ke tepi danau, dan melengkapi dengan kedai-kedai makanan dan minuman, buah-buahan, cenderamata, pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas untuk berperahu.

Akses Menuju Situ Ciburuy

Hamparan air Situ Ciburuy yang luasnya mencapai 40 Ha tersebut dapat anda manfaatkan untuk menyegarkan kembali pikiran anda dari penatnya rutinitas. Kegiatan yang dapat anda lakukan di danau ini antara lain berperahu bersepda air, berjalan – jalan, menikmati makan siang di pinggir danau, atau bahkan berolahraga. Ya, Situ Ciburuy selain menjadi objek wisata juga kerap dijadikan lahan berlatih bagi para atlet dayung. Fasilitas yang ditawarkan kawasan wisata Situ Ciburuy ini pun sudah lengkap dengan adanya deretan warung yang menjajakan makanan khas Sunda beserta minumannya.

Anda yang berwisata air dengan menyewa perahu dan sepeda air disini pun tidak hanya dapat melakukan perjalanan air, tetapi anda bisa menyambangi sebuah pulau kecil yang berada di tengah danau dan menikmati makan siang di pulau tersebut sambil menikmati pemandangan. Dan jika anda beruntung, anda dapat menyaksikan pertunjukan budaya yang sering diadakan untuk menghibur pengunjung yang datang dan berwisata ke Situ Ciburuy.

Untuk mencapai Situ Ciburuy, anda yang berada di Kota Bandung hanya perlu berangkat ke arah Barat Kota Bandung menuju Cianjur. Sesampainya di Padalarang, carilah terminal Damri Padalarang di sebelah kanan, dan anda akan melihat luasnya hamparan air Situ Ciburuy. Begitu pun bagi anda yang berada di Kota Jakarta, ketika anda telah melewati gerbang tol Padalarang, lanjutkanlah perjalanan anda sampai menemukan terminal Damri Padalarang, dan siapkan mata anda untuk melihat keindahan Situ Ciburuy.

Harga Tiket Situ Ciburuy 

Selain pemandangan alamnya yang sangat indah dan eksotis, untuk masuk ke Situ Ciburuy juga tak memerlukan biaya yang mahal. Setiap pengunjung cukup mengeluarkan Rp 7.500 maka sudah bisa menikmati sajian wisata air situ yang cukup jernih. Untuk memuaskan mengeksplorasi keseluruhan isi danau maka pengunjung bisa menyewa perahu yang sudah siap sedia di pinggiran danau. Untuk perahu tradisional dengan kapasitas lima orang, pengunjung cukup membayar Rp 50 ribu untuk satu kali putaran. Ada juga perahu paket hemat, yakni perahu angsa dan perahu kayuh dengan tarif sewa Rp 20 ribu berkapasitas dua orang untuk satu kali putaran.

Source Wisata infobdg
Comments
Loading...