Tempat Wisata Sendang Coyo Grobogan Purwodadi

0 244

Wisata Sendang Coyo

Sendang Coyo adalah salah satu tempat wisata sendang yang terletak si Desa Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan, letaknyai kurang lebih 20KM sebelah tenggara kota Purwodadi. Sendang coyo ini di kunjungi warga Purwodadi dan sekitarnya pada malam 1 Suro dan Sendang Coyo ini adalah sebuah venomena alam yang dipercaya masyarakat Purwodadi dan sekitarnya bisa mebuat awet muda apabila mandi dan berendam pada malam satu Suro tepat tengah malam.

Akses Menuju Wisata Sendang Coyo

Apabila anda ingin berkunjung di sendang ini anda bisa melalu perempatan Wirosari ambil jalur arah Kuwu, kemudian ambil arah Pulokulon, dan apabila anda dari arah Sulur sari anda bisa langsung ke arah Kuwu dan kemudian menuju Pulokulon. Kalau anda dari kota Purwodadi maka anda punya dua alternative jalur menuju sendang ini, yaitu dari jalur Danyang dan Jalur Getasrejo.

Dari perempatan Danyang anda bisa ambil arah timur kemudian melintasi Kelurahan Kalongan, Desa Ngablak, Desa Nambuhan, kemudian Pulokulon dan kemudian ke arah selatan langsung sampai ke lokasi Sendang Coyo. Dari Bundaran Getasrejo, anda harus ambil arah Blora, sampai perempatan Wirosari anda ambil arah kanan yang melalui Desa Ngropak, Bleduk Kuwu, Sleko Kuwu, kemudian menuju Pulokulon dari perempatan Pulokulon anda belok kiri dan sampailah lokasi.

Sejarah Wisata Sendang Coyo

Grobogan Metro Realita Cyber menurut kepercayaan penduduk Jatiharjo, Sendang Coyo yang airnya tidak pernah kering walau musim kemarau, merupakan peninggalan Sunan Kali Jogo. Ketika Sunan Kali Jogo bersama pengikutnya menggembara untuk siar Agama Islam di Pulau Jawa, sempat beristirahat di Desa Jatiharjo, di KRPH Panunggalan. Istirahat dilakukan untuk melepas lelah karena perjalanan jauh.

Beberapa pengikut saat istirahat merasa haus. Jauh dari rumah penduduk dan keramaian, Sunan Kali Jogo pergi berusaha mencari minum, dengan meninggalkan sebuah tongkat yang di tancapkan tak jauh dari pengiikutnya. Tidak sengaja,seorang pengikut bernama Kyai Gambi mencabut tongkat yang di tinggalkan Sunan Kali Jogo. Setelah tongkat di cabut, pengikut lainnya merasa kaget, bahwa lobang bekat tongkat mengeluarkan air yang sangat jernih. Dengan suka ria para pengikut Sunan Kali Jogo yang sudah merasa hausa langsung minum air tersebut. Badan yang tadinya lemas, usai minum air tersebut, merasa sehat kembali.

Source wisata grobogan
Comments
Loading...