Tempat Wisata Sejarah Tapak Tuan Tapa, Aceh

0 15

Tapak Tuan Tapa

Tapak Tuan Tapa ini kini menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, banyak pengunjung yang datang dari luar kota hingga mancanegara yang penasaran ingin melihat langsung jejak kaki raksasa yang ada di bibir pantai tersebut. Meskipun kebenarannya masih diragukan, tempat wisata ini tetap saja menarik untuk dikunjungi.

Tapak Tuan Tapa ini terletak di Gampong Pasar, Kecamtan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Jika ingin berwisata di Tapak Tuan Tapa, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 1,5 kilometer atau dengan melakukan perjalanan selama 10 menit dari pusat Kota Tapak Tuan. Tempat wisata Tapak Tuan Tapa ini tepat berada di kaki Gunung Lampo, dan langsung berbatasan dengan Samudra Hindia. Untuk menuju lokasi tempat wisata ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang tersedia di Aceh Selatan.

Fasilitas di Tapak Tuan Tapa

Fasilitas yang terdapat di lokasi wisata Tapak Tuan Tapa ini bisa dikatakan cukup lengkap, terdapat area parkir yang cukup luas dan juga toilet umum. Selain itu, juga terdapat mushola dan masjid disekitar lokasi yang bisa digunakan wisatawan muslim untuk beribadah. Tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan pagar pembatas sehingga wisatawan lebih merasa aman untuk melihat situs yang telah melegenda tersebut. Jika perut telah keroncongan, wisatawan bisa mencicipi beberapa kuliner diwarung-warung sekitar lokasi.

Terdapat pula kedai-kedai yang menjajakan kopi khas Aceh. Disekitar tempat wisata ini juga tersedia tempat-tempat duduk sederhana yang terbuat dari kayu. Tempat duduk ini menghadap kelaut sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan hamparan lautan secara langsung. Wisatawan juga bisa menginap dengan menyewa hotel atau penginapan disekitar lokasi wisata. Berwisata di Tapak Tuan Tapa memang memberikan pengalaman tersendiri, berikut kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di lokasi.

Melihat Jejak Kaki Raksasa

Tapak Tuan Tapa memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat orang akan penasaran ketika mendengar ada sebuah jejak kaki raksasa. Disini kamu bisa melihat jejak tersebut dengan jelas, dan sangat nyata. Entah jejak tersebut terjadi karena adanya proses alam atau legenda dari Tuan Tapa itu benar adanya, tempat wisata memang masih menyimpan misteri. Selain melihat jejak kaki raksasa, kamu juga bisa menikmati keindahan yang masih terasa alami di kaki Gunung Lampo tersebut. Letaknya yang berada tepat ditepi samudra, juga menjadi nilai tambah tersendiri. Kamu bisa melihat situs melegenda tersebut, sembari menikmati hembusan angin laut dan gemuruh ombak yang menerpa karang.

Daya Tarik

Ketika berada pada Tapak Tuan Tapa jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto. Kamu bisa berfoto di sebelah jejak raksasa tersebut atau juga bisa di atas bangunan yang dikhususkan untuk wisatawan. Tetap berhati-hatilah ketika berpose didepan kamera, karena tak jarang gelombang besar samudra akan naik hingga ke bebatuan karang. Bawalah kamera yang bagus agar fotomu lebih maksimal, tentunya akan sangat menarik jika kamu bepose dengan latar belakang jejak kaki raksasa dan panorama lautan dengan ombaknya yang ganas. Kamu juga bisa bernarsis ria di atas bebatuan karang disekitar jejak tersebut, namun biasanya kamu harus mengantri karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Tapak Tuan Tapa ini.

Comments
Loading...