Tempat Wisata Pemandian Jolotundo Klaten Jawa Tengah

0 229

Pemandian Jolotundo

Pemandian Jolotundo merupakan salah satu wisata pemandian yang terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, sekitar 8 kilometer dari arah Utara pusat Kabupaten Klaten. Pemandian ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Terdapat 3 kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, 2 meter, 1.5 meter dan 1meter 8.

 

Aksesbilitas Pemandian Jolotundo

Tiket pemandian ini Rp.4000,-/orang. di pemandian ini masih alami, tidak dikasih kaporit kaya pemandian-pemandian umum kebanyakan. Ada berbagai fasilitas yang disediakan pengelola, antara lain: toilet, kamar ganti pakaian, mushola, dan kantin.

Asal Mula Pemandian Jolotundo

Menurut cerita dari warga setempat, pemandian ini berasal dari cerita turun temurun masyarakat sekitar yang menyebutkan dahulu ada seorang Demang yang tinggal di sekitar Umbul Jolotundo dan memiliki putri bernama Roro Amis. Julukan itu diberikan karena sang putri memiliki sakit kulit yang mengeluarkan bau amis, namun dia gemar berenang dengan menggunakan rakit dari pohon pisang. Suatu saat Roro Amis jatuh ke umbul saat sedang bermain di sekitar umbul itu dan kakinya tertusuk sejenis keong kecil, tetapi penyakit yang dideritanya ternyata malah sembuh.

Roro Amis yang marah kemudian mengatakan bahwa keong yang ada di umbul Jolotundo menjadi tumpul sehingga tidak bisa melukai kaki dan ia juga sempat bersumpah di sekitar umbul tidak akan tumbuh pohon pisang. Masyarakat sekitar sangat mempercayai legenda itu dan menganggap akan celaka jika menanam pohon pisang di sekitar umbul. Hal itu akhirnya sampai pula di telinga Sunan Paku Buwana X yang kemudian singgah dan bersuci di Umbul Jolotundo.

Source wisata klaten
Comments
Loading...