Tempat Wisata Jembatan Pelangi Purbalingga Jawa Tengah

0 231

Jembatan Pelangi

Jembatan Pelangi merupakan tempat wisata yang ada di Purbalingga. Jembatan Pelangi ini berlokasi di Dusun Sumingkir, Bantarbarang,Purbalingga. Awalnya, ini merupakan jembatan biasa saja yang merupakan hadiah pemberian dari Supardjo Rustam, Gubenur Jawa Tengah saat itu kepada warga.

Aksesbilitas

Jembatan Pelangi bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya berada di Dusun Sumingkir, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

Jembatan Pelangi sebenarnya adalah jembatan yang di bangun tahun 1977 sebagai hadiah dari Supardjo Rustam, Gubernur Jawa Tengah saat itu atas kebaikan warga Dusun Sumingkir yang telah membantunya selama mengungsi pada jaman penjajahan. Jembatan ini merupakan akses masyarakat setempat untuk melakukan ragam aktivitas kesehariannya.

Namun karena dianggap sudah tidak layak di lalui kendaraan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membangunkan jembatan permanen baru yang berdekatan dengan lokasi jembatan gantung ini. Jembatan lama yang sudah tidak digunakan untuk aktvitas kendaraan inilah yang kemudian di sulap menjadi jembatan pelangi oleh para pemuda setempat.

Keistimewaan

Jembatan gantung sepanjang 60 meter ini dicat dengan beragam warna seperti pelangi yang memberikan suasana ceria bagi pengunjung yang datang ke sana. Pengelola Jembatan Pelangi menerapkan aturan yang harus dipatuhi pengunjung, karena pertimbangan kondisi jembatan yang sudah tua. Di antaranya seperti melepaskan alas kaki, tidak boleh mencorat-coret dan tidak boleh melebihi kapasitas pengunjung yang berada di atas jembatan.

Fasilitas

Nah, buat kamu yang pengen berkunjung ke tempat wisata romantis di Purbalingga, tiga tempat di atas bisa kamu coba untuk mengisi akhir pekanmu bersama pasangan atau keluarga. Bagi kamu yang masih jomblo, lebih baik jangan berkunjung sendirian. Karena kamu bisa gigit jari melihat romantisnya para pengunjung yang berselfie dengan pasangan atau keluarga.

 

Source wisata purbalingga
Comments
Loading...