Cagar Alam Danalaya Wonogiri Jawa Tengah

0 164

Cagar Alam Danalaya

Cagar Alam Danalaya merupakan cagar alam yang didalamnya didominasi pohon Jati. Cagar alam disini menawarkan sesuatu yang beda dengan cagar alam lainnya. Pohon-pohon di cagar alam ini terutama pohon jatinya berukuran jumbo atau super besar. Cagar Alam Danalaya terletak di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Obyek wisata cagar alam ini merupakan hutan jati.

Lokasi Cagar Alam Danalaya

Cagar Alam Danalaya terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Obyek wisata cagar alam ini merupakan hutan jati. Kayu jati di hutan ini khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta. Apabila Raja Surakarta membutuhkan kayu jati untuk membangun atau memperbaiki kraton, maka diambilah kayu dari hutan jati Danalaya ini. Obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang mempunyai latar belakang minat khusus atau pecinta alam.

 

Keistiwewaan Cagar Alam Danalaya

Keistimewaan dari cagar alam ini berupa kayu jati di hutan ini khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta. Apabila Raja Surakarta membutuhkan kayu jati untuk membangun atau memperbaiki kraton, maka diambilah kayu dari hutan jati Danalaya ini. Maka tidak heran jika pohon-pohonnya berukuran besar dan kualitasnya nomor satu. Obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang mempunyai latar belakang minat khusus atau pecinta alam. Bagi anda yang suka tantangan obyek wisata ini layak dikunjungi. Cagar alam Danalaya tempatnya layak untuk dijadikan tempat outbond, camping, dan lain-lain. Jadi tidak ada salahnya untuk mengunjungi Cagar Alam Danalaya. Salah satu objek wisata yang terdapat di kabupaten Wonogiri adalah sebuah Cagar Alam yang didalamnya banyak terdapat pohon kayu jati. Cagar alam ini disebut juga dengan nama Cagar Alam Danalaya. Anda akan disuguhi pemandangan yang berbeda dari tempat lainnya yaitu kawasan hutan jati yang masih asri.

Kawasan Wisata Cagar Alam Danalaya

Yang istimewa dari pohon jati di cagar alam ini adalah kayu-kayunya yang digunakan untuk membangun istana raja Surakarta. Karena kualitas kayu jati yang sangat bagus sehingga bisa membuat kokoh sebuah bangunan. Selain itu kayu jati disini juga dapat digunakan untuk membangun dan memperbaiki keraton. Pohon-pohon jati besar ditempat ini merupakan pohon dengan kualitas nomor satu. Banyak dari pecinta alam yang berkunjung ke tempat ini untuk sekedar melihat – lihat pohon – pohon yang terdapat pada objek wisata tersebut.

Outbound dan Berkemah di Cagar Alam Danalaya

Untuk mencapai objek wisata tersebut Anda harus menempuh perjalanan sekitar 45 km dari Wonogiri. Perjalanan tersebut dapat Anda tempuh menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Karena sangat jarang terdapat angkutan umum yang dapat mengantar Anda ke tempat wisata tersebut. Ditempat wisata tersebut belum diketahui harga tiket masuk beserta fasilitas yang dapat dinikmati disana. Tetapi Anda akan merasakan kesejukan udara khas hutan yang memiliki udara yang bersih berbeda dengan perkotaan. Anda juga dapat melakukan aktivitas outbound dan juga perkemahan disana.

Source wisata wonogiri
Comments
Loading...