Teluk Tamiang, Pesisir Elok di Kalimantan Selatan

0 74

Teluk Tamiang – Kalimantan Selatan tepatnya di Kabupaten Kotabaru memiliki potensi wisata bawah laut yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Air lautnya jernih, pasir putih yang cantik, serta tumbuh aneka ragam terumbu karang di Teluk Tamiang. Kehidupan alam bawah lautnya ini masih sangat terjaga dan alami.

Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Pulau Laut Barat. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menggunakan jalur darat dengan rute Tanjung Serdang – Lontar – Teluk Tamiang. Alternatif lainnya bisa juga menggunakan ferry di Batu Licin. Dari Kotabaru menuju Lontar idealnya dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam.

    

Namun untuk masuk ke lokasi, perjalanan yang ditempuk tak mudah. Kamu harus melewati jalanan yang masih berupa tanah dan penuh lumpur. Kondisi jalanan yang tidak rata, berbatu, dan penuh lubang membuat kendaraan harus melintas pelan-pelan. Kamu bisa menyewa ojek jika datang sendirian, dengan merogoh kocek sekitar Rp 30 ribu. Bersiaplah untuk kotor-kotoran, karena banyak wisatawan yang terjatuh dari motor dan harus merelakan pakaiannya dilumuri lumpur.

Perjalanan yang melelahkan akan terbayar saat kamu tiba. Suguhan pemandangan hijau di dekat garis pantai, langit biru yang menyegarkan serta rutinitas kehidupan masyarakat akan menyapamu. Kamu bisa menyewa kapal untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Terumbu karang berwarna-warni dapat kamu lihat langsung dari atas kapal.

Sayangnya jika ingin melakukan watersport, kamu harus membawa sendiri peralatannya. Teluk Tamiang belum menyediakan tempat penyewaan alat snorkeling ataupun dive centre, dikarenakan daerah ini memang belum dikelola secara serius sebagai tujuan destinasi wisata. Namun, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berenang di alam bawah lautnya. Bawalah peralatan snorkeling sendiri dan temui ikan nemo, ikan badut, dan ragam jenis ikan lainnya yang cantik dan menggemaskan.

Pantai di Teluk ini masih sangat sepi dari keramaian wisatawan, hingga seakan-akan menguasai pantai seorang diri. Air lautnya yang tenang dan semilir angin menyejukkan dijamin mampu menjernihkan kepenatanmu akibat aktivitas sehari-hari. Bisa juga bersantai ria di pinggir pantai, memancing ikan, atau tidur-tiduran malas di atas batu karang besar yang terletak di tepi laut sambil menunggu matahari terbenam. Suasanya pantai Teluk Tamiang di sore hari pun tak kalah eksotis.

Kamu bisa menjelajahi pulau di sekitaran teluk dengan menyewa speed boat dan melakukan snorkeling di tengah perjalanan. Setelah itu melajulah ke Tanjung Kunyit yang hanya berjarak 15 menit dari Teluk Tamiang. Air lautnya tak kalah jernih, dengan kondisi perkampungan yang rapi dan dipenuhi pohon kelapa. Pantainya tak terlalu luas, tetapi pasirnya putih bersih. Jika air laut sedang surut, pasirnya akan bertambah banyak karena muncul gusung.

Di atas bukit ada sebuah mercusuar yang berada di atas gunung Tanjung Kunyit. Untuk ke mercusuar ini harus dilalui dengan mendaki gunung selama 30 menit. Sampai di puncak, akan terlihat pulau-pulau kecil yang berada di wilayah perairan Kotabaru. Dua buah pulau yang saling berdekatan ini jika dilihat dari ketinggian, seolah menyatu dengan daratan sekitar. Nampak indah sekali. Jangan lupa mengambil foto dan selfie dari atas mercusuar, ya.

Tidak sekedar berwisata, kamu juga bisa berkunjung ke Unit Pembenihan Ikan. Di tempat ini, kamu bisa menambah wawasan tentang cara pembibitan atau pembenihan ikan di Desa. Petugas di unit ini akan membantumu untuk belajar dan memperlihatkan proses pembenihan ikan di Balai Benih Ikan Pantai Kotabaru.

Karena Teluk Tamiang bukan tujuan wisata utama di Kotabaru, tidak ada penginapan seperti hotel ataupun resort di sini. Tapi, rumah Kepala Desa dan warga sekitar bisa dijadikan tempat menginap. Tidak ada tarif khusus dan listrik hanya menyala dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Bersikaplah ramah, sopan, dan mematuhi peraturan di sana, ya.

Source https://www.wisatalah.com https://www.wisatalah.com/teluk-tamiang-kalimantan-selatan/
Comments
Loading...