Teluk Sulaiman : Keindahan Alami di Berau Kalimantan Timur

0 3

Teluk Sulaiman

Berau adalah Kabupaten ‘destinasi wisata’ masa depan. Bali sudah terlalu sesak. Indonesia harus menyiapkan masa depan wisatanya ke Kalimantan dan itu adalah Bumi Sanggam. Akses ke Berau sudah lebih gampang. Bandaranya sudah pula didarati Garuda, Sriwijaya pun Lion. Bahkan, kepulauan Derawan dengan Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki dan Derawan itu sendiri bukan kawasan yang jauh dan sukar untuk dijangkau.

Di Maratua sudah tersedia pelabuhan udara. Dari sini hanya dalam waktu sehari, pelancong bisa menikmati indahnya snorkling, diving, untuk menyaksikan keanekaragaman biota laut di Derawan, Sangalaki dan Maratua sendiri, termasuk menyaksikan penyu hijau bertelur. Masih kurang? Di Kakaban, pelancong bisa melihat dan merasakan betapa danaunya menyimpan ubur-ubur yang tidak menyengat meskipun menyentuh seluruh badan.

Akan tetapi, Bumi Sanggam masih menyimpan pesona lain. Dialah Air Panas Biatan, Danau Labuan Cermin yang dua rasa, seperti telah penulis utarakan di postingan sebelumnya. Satu lagi, mutiara destinasi wisata Bumi Sanggam, ialah dia Teluk Sulaiman.

Teluk Sulaiman adalah salah satu tempat terbaik di Biduk-biduk untuk menyaksikan matahari tenggelam.Di sini, sambil menunggu waktu senja, kita bisa berinteraksi dengan warga dan nelayan lokal.  Pantainya berpasir putih dengan dermaga yang menjorok ke laut. Saat siang hari, mata kita dimanjakan oleh camar yang meliuk-liuk diatas permuakaan laut.

Pesona Teluk Sulaiman sukar unruk dideskripsikan. Tapi lautnya yang tenang, bukit yang memagari, dan pelabuhan sederhana yang menjorok ke tengah laut adalah lukisan alam ciptaan Tuhan yang menakjubkan. Dari pelabuhan ini kita bisa menyaksikan pantai pasir putih Biduk-Biduk. Dari sini pula, bila udara cerah di pagi hari gunung di Seberang lautan yaitu di Palu, bisa dilihat dengan mata telanjang.

Teluk Sulaiman adalah arah yang berbeda dengan kepulauan Derawan. Teluk Sulaiman bisa dikunjungin dengan jalan darat daei Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau sekitar 6 jam. Jalan aspal dan relatif mulus. Sepanjang perjalanan Tanjung Redeb-Teluk Sulaiman, minimal 2 desrinasi wisata bisa dinikmati ialah air oanas Biatan dan danau dua rasa Labuan Cermin. Dari pelabuhan Teluk Sulaiman ini pula tamasya bisa diteruskan ke Teluk Sumbang dan Pulau Kanyungan.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/blog/pesona-bumi-sanggam-4
Comments
Loading...