Teluk Laikang : Keindahan Laut dan Pasir Putih di Takalar

0 62

Teluk Laikang

Teluk Laikang kini telah berubah. Dulu hanya kawasan pesisir yang kumuh, kini diubah menjadi area wisata eksotis. Laut biru, pasir putih, cottage, dan ombak menjadi satu kesatuan harmoni alam di Teluk Laikang. Keindahannya belum begitu popoler lantaran akses yang relatif masih butuh perjuangan. Lokasinya berada di kawasan pesisir barat Kabupaten Takalar.

Secara administratif, Teluk Laikang terletak di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar. Ada satu spot khusus yang telah dibangun di teluk ini. Tujuannya menjadi satu lokasi wisata baru setelah sebelumnya dibiarkan tak terurus.

Tak perlu banyak sentuhan sebab pada dasarnya, keindahan alam di Teluk Laikang memang telah ada. Kini dilengkapi dengan penginapan dan cottage-cottage beserta area memancing, menjadikannya lebih paripurna.

Pengelola juga membangun kamar mandi dan toilet umum di kawasan itu. Luas lahan yang dipakai sebagai area pengembangan yang di dalamnya berisi infrastruktur pendukung wisata laut, mencapai dua hektare. Dulunya lahan tersebut hanya berupa tambak tak produktif. Setelah melewati kawasan penginapan dan jejeran cottage, pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan laut yang begitu indah. Ini dilengkapi dengan pesisir pantai yang dihiasi dengan pasir putih. Di sebelah selatan zona ini, terdapat kampung nelayan yang sebagian besar dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut.

Ada Balai Pertemuan, Bisa Menginap

Keungulan lain dari kawasan wisata Puntondo yang berada di Teluk Laikang ini adalah fasilitas yang disiapkan pengelola. Ada balai pertemuan dan rumah sewa yang bisa dimanfaatkan untuk menginap. Juga ada cottage tertutup yang dilengkapi dengan dua springbed kapasitas dua orang. Namun jika memilih berombongan, maka tempat yang paling cocok adalah penginapan berbentuk rumah panggung yang memang khusus disewakan bagi pengunjung baik hendak menginap atau hanya sekadar tempat mereso setelah mengitari kawasan itu.

Tantangan Olahraga Air

Dari penginapan, lokasi olahraga air hanya berjarak kira-kira 400 meter. Bagi pecinta olahraga air, ada fasilitas berenang yang disiapkan oleh pengelola. Bisa untuk olahraga diving, snorkeling, atau sekadar naik perahu keliling teluk. Jika ingin pemandu profesional, pengelola Teluk Laikang, Muh Kasim, sala satunya. Ia telah memiliki sertifiat diving. Namun jika tak butuh guide, pengunjung juga bisa melakukannya sendiri.

Bisa scuba diving. Sebetulnya di sini banyak penyelam cuma masih cara tradisional,” ujar Kasim. Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin, mengungkapkan, keunggulan lain dari kawasan wisata Teluk Laikang adalah ikan laut yang segar-segar. Pengunjung bisa menangkap sendiri ikan-ikan tersebut kemudian diolah oleh pengelola sebelum mereka nikmati. Bisa juga mereka membakarnya sendiri.

Jadi bisa berekreasi dan menikmati ikan laut segar. Nanti di sini juga akan dilengkapi dengan lapangan tenis dan futsal,” katanya. Ia menjelaskan, kawasan wisata Puntondo dikembangkan untuk mengimbangi PPLH yang lebih duluan hadir. Hampir setiap minggu PPLH kedatangan tamu, sementara fasilitasnya sangat minim. Objek wisatanya pun hanya satu spot. Makanya, dikembangkan satu kawasan wisata baru. Jadi sekarang pengunjung sudah bisa menginap di sini. Ini kan teluk, jadi kawasannya terlindungi. View-nya bagus,” imbuh mantan legislator DPRD Sulsel ini.

Source http://lingkarstudyrumput.blogspot.com http://lingkarstudyrumput.blogspot.com/2015/08/teluk-laikang-keindahan-laut-dan-pasir.html
Comments
Loading...