Telaga Rambit Memiliki Keindahan Alam di Gresik

0 140

Telaga Rambit

Telaga Rambit merupakan salah satu wisata alam yang menjadi destinasi obyek wisata yang berada di Desa Purwodadi Sidayu Kabupaten Gresik Jawa Timur, Indonesia dengan luas total 11904.311 m2. Dengan ukuran Panjang 165.96 m dan Lebar 71.73 m. Bahan utama pada bangunan ini yakni terbuat dari batu alam berplester. Pohon-pohon yang besar dan rindang disekeliling telaga menjadikan tempat ini teduh. Angin semilir menambah nikmat kala duduk berlama-lama. Menurut cerita lisan, konon, telaga ini tercipta dari sebuah pusaka batu akik yang ditancapkan sang bupati (yang juga terkenal sebagai ulama sakti) pada tanah gersang. Lantas dari apa yang di tancapkan itu, menyembur air bersih dan tawar.

Salah satu fungsi Telaga Rimbit yang masih tersisa samapi sekarang adalah memanfaatkan untuk dijadikan air minum, walaupun sudah tidak sebanyak dulu, proses pengambilan air masih terlihat airnya untuk dijual kembali dengan menggunakan sepeda onthelnya asmuji terlihat mengambil satu persatu air dari pinggir telaga tepatnya dari dermaga kecil buatan, dibantu dengan ember yang ditali, disela sela kerjanya  tersebut asmuji juga menuturkan bahwa Telaga Rimbit.

Sampai sekarang telaga ini masih digunakan masyarakat daerah Sidayu dan sekitarnya sebagai sumber air. Seperti terlihat pada gambar di atas, seorang penjual air keliling sedang mengisi jirigen. Tiap jirigen biasanya di jual antara 500-1000 rupiah. Hal yang cukup unik adalah telaga ini tidak pernah mengering airnya, bahkan pada musim kemarau sekalipun. Maka tak heran, telaga ini juga banyak hidup ikan dan tanaman air.

Source http://www.inigresik.com http://www.inigresik.com/2016/07/selain-rekreasi-air-telaga-rambit-masih-dikonsumsi-warga-foto.html
Comments
Loading...