Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-QCsHbV.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Tebing Tontonan Enrekang

0 57

Tebing Tontonan Enrekang

Tebing Tontonan terletak di kabupaten Enrekang, Sulawesi selatan. Berada diantara perbatasan Kecamatan Baraka dan Kecamatan Anggeraja. Tepatnya berada di kelurahan Tanete, Lingkungan tontonan biasa orang sekitar tebing tontonan menyebutnya. Tebing yang memiliki ketinggian lebih kurang 140 meter ini menjadi saksi kehidupan masyarakat setempat.

   

Disini kita dapat melihat berjajar peti mati masyarakat dahulu yang ditempatkan di sisi tebing. Ya, peti mati. Tebing itu dikeramatkan oleh warga sekitar karena di beberapa bagian tebing, terdapat kuburan kuno. Tebing yang menjulang vertikal dan tegak lurus ini di bawahnya terdapat makam batu, dengan puluhan keranda kayu yang masih tersisa.

Tebing Tontonan, atau tebing Mandu sendiri sudah dikenal secara nasional, yaitu pada saat pengibaran bendera berukuran jumbo: 21 X 12 meter pada 17 Agustus. Bendera tersebut dibentangkan di sisi tebing yang berdiri tegak lurus setinggi 140 meter oleh tim dari Mapala Politeknik Negeri Ujung Pandang. Untuk menuju ke muka tebing kami harus menyebrangi sungai. setelah mencapai muka tebing, lalu dilanjutkan menuju cerukan yang merupakan titik nol pemanjatan dengan free climbing. Setelah mencapai cerukan, tim mulai melakukan pemanjatan dengan menggunakan jalur yang dibuat Tim ekspedisi panjat.

 

Source https://duniawawaw.wordpress.com https://duniawawaw.wordpress.com/2012/02/11/pemanjatan-tebing-tontonan/
Comments
Loading...