Tanjung Kodipo : Keindahan Bawah Laut yang Menajubkan di Pulau Taliabu

0 47

Tanjung Kodipo

Tanjung Kodipo merupakan lokasi yang cocok untuk para wisatawan yang gemar melihat biota laut yang berukuran besar, karena dalam kawasan ini sering masyarakat menjumpai beberapa jenis hiu yang terperangkap dalam jaring dan pancing nelayan, selain itu objek makro  juga tidak kalah hebatnya karena daerah ini kita bisa ditemui jenis biota ghost pipe fish, gobby shrim, lion fish, sea snake dan masih banyak jenis-jenis ikan lain yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penyelam.

Khusus untuk tutupan karang pada daerah ini, tergolong baik karena tutupannya mencapai 70% dan didominasi dengan jenis pertumbuhan coral foliose. Topografi daerah ini pada kedalaman 3 meter sampai 25 meter landai dan untuk kedalaman 25 meter sampai kurang lebih 35 meter datar. Titik kordinat daerah ini terletak pada (S 01043’44,0” dan E 124017’59,1”), kejernihan air mencapai 15-25 meter dengan suhu 26-280C dan kecepatan arus sekitar 1 knot.

Tanjung Keramat

Daerah tanjung keramat merupakan daerah yang berada di kepulauan taliabu yang berdekatan dengan kecamatan bobong. Jarak tempuh menggunakan speed bout mencapai 20 menit perjalanan dari desa bobong. Ekosistem perairan didaerah ini cukup berfariatif dengan topografi perairan yang landai. Tutupan karang pada daerah ini cukup baik pada kedalaman 1 sampai 10 meter dan pada kedalama 10 meter sampai 35 meter terlihat hamparan terumbu karang yang sudah hancur.

Namun dalam perairan tersebut kita bisa menjumpai beberapa sepsis biota laut yang merupakan salah satu objek photo yang baik.Daerah ini kita bias jumpai jenis cumi-cumi yang berjalan bergerombol membentuk suatu formasi. Selain itu jenis-jenis ikan karang berupa tiger fish anemone fish, angel fish dapat kita jumpai.

Khusus pada kedalaman 11 meter kita dapat melihat adanya garden eal dengan luasan area yang cukup besar Titik kordinat daerah ini adalah (S 01053’51,7” E 124019’49,3”), kejernihan air mencapai 15-25 meter dengan suhu 27-290C dan kecepatan arus sekitar 1-2 knot.

Source http://pariwisatamalut.blogspot.com http://pariwisatamalut.blogspot.com/2012/07/tanjung-kodipo-dan-tanjung-keramat.html
Comments
Loading...