Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-U5syrZ.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Tanjung Bongo : Surga Tersembunyi di Maluku Utara

0 11

Tanjung Bongo

Tanjung Bongo menjadi salah satu wisata alam terindah di Indonesia bagian Timur, bahkan wisata yang berada di Halmahera Utara ini disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat. Wilayah Timur Indonesia bak surga untuk urusan wisata alam. Sebut saja, Banda Neira, Kepulauan Kei, Morotai, hingga Raja Ampat. Serta, kini yang sedang hits, adalah Tanjung Bongo.

Tanjung Bongo, terletak di Kecamatan Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara. Tanjung Bongo ini sering disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat. Karena memiliki gugusan pulau-pulau karang yang sangat menawan, meski ukurannya sangat kecil dibanding gugusan pulau karang di Raja Ampat.  Ah, cuaca benar-benar cerah waktu itu. Apalagi langit begitu biru, bak lukisan dengan awan-awan putihnya yang bersih. Anda tahu, tenu, rasa penasaran membuat tubuh bergidik tak sabar ingin cepat sampai ke tempat tujuan.

Membelah perairan, kami menaiki Katingting, perahu bermesin tempel. Perorang kami hanya membayar Rp 20.000,-. Terjangkau bukan, dan itu juga biaya untuk pulang pergi. Dari pelabuhan, jarak ke Tanjung Bongo ternyata hanya 300 menter, kira-kira 5 menit dari pelabuhan, kami sudah sampai. Tapi, kami justru takjub. Belum sampai saja, kami sudah disuguhi pemandangan alam yang luar biasa. Perairan selama menaiki Katingting, airnya jernih. Mata sudah seperti layaknya perut yang lapar, semuanya serba kami lahap.

Menengok ke kiri, enak dipandang, ke kanan juga begitu. Apalagi menongok kebelakang. Jadi, dari perjalanannya saja tak ingin kami lupakan. Mungkin sedikit lebih lama lebih asik. Tapi tak masalah.  Ketakjubkan tak bisa dipungkiri. Sesampainya di lokasi, kami melihat air yang bening. Warna bawah air jelas terlihat. “Tuhan rasanya sedang tersenyum saat menciptakan Indonesia.”

Sayang jika tidak mengabadikan keindahan gugusan-gugusan yang diselimuti hijau dedaunan. Ada sekitar 20 lebih titik spot yang bagus untuk berfoto ria di sini. Tak ingin menyia-nyiakan tempat, salah satu dari kami naik ke atas salah satu pulau karang. Dari salah satu pulau karang ini, seluruh keindahan Tanjung Bongo terlihat jelas. “Luar biasa,” tak ada kata-kata lain selain hanya ingin menikmatinya. Perpaduan air yang bening dengan pulau karang dan hijau dedaunan, semuanya sempurna terbentang.

Menikmati Bawah Air Tanjung Bongo

Perlu diinformasikan, Tanjung Bongo, yang juga sering disebut sebagai Telaha Biru ini memailiki luas sekitar 250 Hektar dan merupakan danau terbesar yang ada di Pulau Halmahera. Asiknya liburan ke sini, bukan hanya pemandangan alam di atas airnya saja yang bisa dinikmati. Bawah air Tanjung Bongo pun bisa dinikmati.

Karena terdapat juga beberapa spot diving dan snorkeling untuk melihat langsung surga bawah laut Tanjung Bongo. Selain itu juga dengan perahu, pengunjung juga dapat mengelilingi titik-titik diving atau snorkeling, termasuk melihat ikan-ikan laut di dalam keramba. Tempat ini juga difungsikan untuk budi daya bibit ikan.

Ya, rasanya tak lengkap hanya menikmati dari atas. Beningnya perairan Tanjung Bongo, menarik kami untuk menyelami bawah airnya. Menikmati karang, menikmati perilaku ikan-ikan kecil yang berwarna di sana. Serasa melihat film Nemo secara langsung dari alamnya.

Namun, perlu Anda ketahui, fasilitas diving dan snorkeling ini tidak bisa dinikmati di hari-hari biasa. Fasilitas ini bisa dinikmati di hari-hari libur saja. Jadi bagi Anda yang ingin lengkap menikmati wisata alam dan bahari bawah lautnya, datanglah di akhir pekan.

Source https://male.co.id https://male.co.id/detail/6645/tanjung-bongo-keheningan-wisata-bahari-halmahera-men-scope-3
Comments
Loading...