Taman Wisata Penangkaran Rusa Api-Api Sebagai Tempat Wisata Yang Berwawasan Lingkungan

0 51

Taman Wisata Penangkaran Rusa Api-Api

Indonesia merupakan negara besar dengan banyak pulau yang dikelilingi oleh lautan luas. Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu, Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia juga diapit oleh dua benua yaitu, Benua Asia dan Bendua Australia. Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan berbagai keanekaragaman budaya, flora dan fauna serta tempat-tempat wisatanya yang indah dan juga wajib kita kunjungi sebagai tujuan atau destinasi wisata bagi kita dan keluarga tercinta. Kalimantan Timur merupakan salah satu contoh provinsi yang terletak di Indonesia dengan banyak kebudayaan dan tempat-tempat wisata yang indah pula dan tidak kalah bagusnya dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Kabupaten Penajam Paser Utara yang merupakan salah satu kabupaten terbesar di Kaltim. Di kabupaten ini banyak terdapat tempat wisata seperti Taman Bunga Roselin, Pantai Tanjung Jumlai, dermaga, Pulau Gusung, Pantai Nipah-Nipah, Penangkaran Rusa Waru, dan lain-lain. Tempat wisata yang cocok dan juga berwawasan lingkungan adalah Penangkaran Rusa Waru. Penangkaran ini terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kecamatan Waru, Desa Api-Api. Lokasi Taman Wisata Penangakaran Rusa hanya berjarak sekitar 32 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan darat dari Ibukota Penajam Paser Utara kearah Tanah Grogot.

Penangkaran ini dilengkapi dengan padang rumput yang sangat luas untuk rusa-rusa agar dapat berkeliaran seperti layaknya pada habitat aslinya, tempat makan rusa, tempat pengobatan rusa-rusa yang sakit, dan lain-lain. Penangkaran tersebut juga dilengkapi dengan jembatan-jembatan kecil yang dibangun diatas padang rumput agar para pengunjung dapat melihat rusa-rusa yang berkeliaran. Ini dipergunakan supaya pengunjung tidak kontak langsung dengan rusa-rusa dan juga supaya tidak membahayakan para pengunjung, tapi kalau ingin kontak langsung dengan rusa-rusa yang berkeliaran kita dapat memberi makannya secara langsung dengan catatan harus didampingi oleh pemandu wisata ataupun juga dengan pekerja yang tugasnya memberi makan rusa.

Makanan rusa yaitu berupa tumbuh-tumbuhan yakni rerumputan. Makanan rusa seperti rumput tersebut biasanya dicari atau didapatkan dari padang rumput atau semacamnya lalu ditampung dimobil-mobil yang sudah disiapkan untuk mengangkut makanan rusa tersebut. Setelah diangkut lalu makanan rusa tersebut dibawa ke penangkaran dan dipilah mana makanan yang bagus untuk diberikan pada rusa yang terdapat di penangkaran tersebut. Proses pemilahan tersebut dikerjakan oleh pekerja yang ahli dalam memilah supaya makanan rusa dapat terjaga dan kualitasnya baik, karena makana itu mempengaruhi rusa-rusa untuk tumbuh dan berkembang. Fasilitas lain dari Taman Wisata Penangkaran Rusa dalah meeting room (ruang rapat), guest house (ruang tamu), musholla, gazebo (tempat untuk berkumpul bersama keluarga), dan laboratorium. Rusa-rusa disini ada yang jinak dan juga tidak jinak, jadi harus berhati-hati jika ingin memberinya makan secara langsung.

Banyak pengunjung yang sering datang ke penangkaran ini, seperti para pelajar yang sedang study tour dan juga orang-orang biasa. Pengunjungnya sangat bervarisai mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tapi, kebanyakan adalah anak-anak. Anak-anak ini diajak orang tua mereka bukan hanya untuk berlibur saja tapi juga untuk belajar dan mengenalkan anak-anak tentang hewan rusa ini. Mereka menjadi tahu bahwa rusa itu memakan apa, seperti apa rupanya dan masih banyak lagi yang mereka ingin tahu. Tempat wisata seperti inilah yang sangat baik bagi anak-anak. Di penangkaran ini selain sebagai tempat wisata yang berwawasan lingkungan yaitu juga memproduksi velvet atau obat yang berbentuk kapsul.

Obat atau velvet ini berasal dari ujung tanduk rusa yang dipotong dan diproses secara hati-hati dan sangat dijaga kehigienisannya. Semua proses itu dikerjakan di laboratorium yang ada di penangkaran rusa ini. Obat atau velvet ini pun sangat bermanfaat sebagai pemulih tenaga dan juga untuk mengobati berbagai macam penyakit, obat ini sangat ampuh dan sudah terbukti khasiatnya dalam mengobati berbagai macam penyakit atau lebih singkatnya lagi yaitu sebagai suplemen kesehatan. Selain tanduknya yang bermanfaat, kotoran yang dihasilkan rusa dari sisa-sisa pencernaanya itu pun dapat juga dijadikan sebagai pupuk kandang untuk memupuk tumbuh-tumbuhan supaya tumbuh-tumbuhan tersebut bisa subur.

Source http://hrpjswt.blogspot.com http://hrpjswt.blogspot.com/2015/12/taman-wisata-penangkaran-rusa-api-api.html
Comments
Loading...