Taman Wisata Lembu Putih, di Desa Taro

0 11

Desa Wisata Taro Kaja adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar. Letak yang dekat dengan daerah kintamani membuat suhu di Taro sangat sejuk dikala siang maupun malam hari, ini juga di dukung dengan pepohonan yang masih terjaga kelestariannya, karena disini masih banyak lahan yang di gunakan sebagai lahan pertanian. Dengan letak geografis yang mendukung, sekarang masyarakat desa taro sangat antusias untuk menjadikan wilayah ini menjadi desa wisata.

Selain kondisi alam yang masih harmonis, Desa Taro memiliki keunikan yaitu terdapatnya hewan sapi yang seluruh badannya berwarna putih dan masyarakat setempat menyebutnya “Lembu Putih”. Hewan ini diyakini memiliki kesucian yang melebihi hewan-hewan lainnya yang biasa digunakan oleh umat Hindu sebagai sarana upakara, Lembu Putih hanya terdapat di Desa Taro Kaja, di desa lain mungkin ada tapi pasti berbeda dengan yang ada di Desa Taro ini, hewan ini dipercaya sebagai “Lembu Nandini” yaitu kendaraan dari “Dewa Siwa”. Lembu ini sangat di sucikan, sehingga masyarakat tidak ada yang berani mengganggu ataupun memperlakukan seperti sapi biasanya dan mendapatkan perlakuan yang istimewa.

Lembu Putih ini juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit medis maupun non medis, yang obatnya tersebut diambil dari kotoran, air mani ataupun susunya. Para ahli juga sudah banyak yang meneliti kashiat dari kotoran Lembu Putih ini, baik ilmuan dari bali maupun dari luar bali yang mendengar tentang hewan langka ini. Yang sangat istimewa dari Lembu Putih ini selain badannya berwarna putih, mata Lembu ini juga berwarna putih yg biasanya sapi-sapi lain identik matanya berwarna hitam.

Keunikan dari Lembu Putih ini membuat masyarakat Taro Kaja ingin menjadikan sebagai salah satu daya tarik wisata yang dimaksudkan untuk menjaga kelestarian dari lembu ini dan memperkenalkannya ke masyarakat luas. Tempat atau kandang dari Lembu ini sekarang sudah di tata sangat indah, sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi. jika ingin melihat secarang langsung lembu ini silakan datang ke Desa Taro.

Source http://saskariana.blogspot.co.id http://saskariana.blogspot.co.id/2013/06/taman-wisata-lembu-putih_7.html
Comments
Loading...