Taman Wisata Alam Sejak Zaman Belanda, Cagar Alam Pancoran Mas Depok

0 154

Cagar Alam Depok sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tempat konservasi yang juga dikenal dengan nama Cagar Alam Pancoran Mas ini kabarnya berusia lebih tua dibanding Kebun Raya Bogor. Tempat wisata alam tersebut berlokasi di Kelurahan Depok, Pancoran Mas, Depok.

Pada abad ke-17 Depok memiliki wilayah hutan yang cukup luas. Seiring berkembangnya zaman, hutan di daerah tersebut semakin berkurang karena dijadikan lahan pertanian. Untuk mengantisipasi penyusutan luas hutan, Nederlands Indische Verenig Ing Tot Natuur Berscherming (Perhimpunan Perlindungan Alam Hindia Belanda) yang berada di bawah pemerintah kolonial menetapkan hutan di pinggir Kampung Pitara sebagai hutan lindung. Cagar alam tersebut merupakan hutan konservasi pertama di Hindia Belanda.

Ketika itu, hutan tersebut dihuni oleh berbagai binatang langka seperti kijang, harimau Jawa, kancil, rusa, monyet, bangau putih, dan kelinci hutan. Pohon-pohon yang menjulang tinggi juga merupakan tempat tinggal ideal untuk beberapa jenis burung. Hutan tersebut juga merupakan tempat tumbuh 40.000 jenis tanaman obat herbal.

Saat ini kondisi Cagar Alam Depok memang tidak seperti empat abad lalu. Daerah di sekitar cagar alam telah berubah menjadi pemukiman padat penduduk. Kawasan cagar alam pun semakin menyempit. Semula luas cagar alam mencapai 30 hektar, tetapi saat ini hanya tinggal 6 hektar. Untuk mengatasi hal ini pemerintah Depok sengaja memasang pagar kawat berduri di pinggir hutan lindung.

Kawasan Cagar Alam Depok masih menjadi rumah bagi beberapa satwa. Saat berkunjung ke sini Anda berkesempatan menjumpai hewan seperti kera, menjangan, dan musang. Taman hutan Raya juga menjadi tempat hidup beberapa jenis ular dan burung. Selain fauna, di sini pengunjung juga masih dapat menemukan aneka tanaman seperti saninten (Castranopsis acuminatisima), damar (Agathis dammara), puspa (Schima wallichi), dan kemiri (Aleuritas molluccana).

Untuk menuju cagar alam yang tahun 1999 diubah namanya menjadi Taman Hutan Raya ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta ikuti rute menuju Depok. Setelah sampai Jalan Sawangan Raya masuk ke Jalan Pitara. Selanjutnya belok kiri pada pertigaan pertama tepatnya di Jalan Cagar Alam.

Bila masih ingin menikmati wisata alam Anda bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi Studio Alam TVRI Depok. Destinasi wisata alam lain yang menyenangkan untuk dikunjungi adalah Kampung 99 Pepohonan. Anda juga dapat singgah ke Godong Ijo untuk mengenal lebih dekat dunia tumbuhan.

Selama berwisata di kawasan Depok Anda dan keluarga bisa menginap di Hotel Santika BSD City Serpong, Kinari Residence, atau Aston Paramount Serpong Hotel and Conference Center.

Comments
Loading...