Taman Tata Surya Pertama di Indonesia

0 12

Taman Tata Surya

Taman Tata Surya yang merupakan replika delapan planet dalam susunan tata surya berikut lintasan orbitnya. Taman itu merupakan yang pertama di Indonesia.

Planetarium Jagad Raya di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kaltim, sangat menarik untuk di kunjungi. Selain memiliki ruangan teater dan pemutaran film edukasi tiga dimensi tanpa kaca mata, juga memiliki Taman Tata Surya yang merupakan replika delapan planet dalam susunan tata surya berikut lintasan orbitnya.

Alat peraga yang digunakan berupa Proyektor Skymaster ZKP 3 buatan perusahaan Carl Zeiss Jerman, dengan tinggi maksimum 2750 mm dan berat mencapai 250 kg, lensa yang dimilikinya adalah 100 lensa.

Memproyeksikan gambar matahari, bulan, komet, meteor, bintang, rasi, galaksi dan lain-lain. Selain proyektor utama, pada Skymaster ZKP 3 juga terdapat pendukung lainnya berupa proyektor effect dan 8 buah proyektor slide yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar.

Ruang yang digunakan sebagai ruang peragaan ditempatkan melingkari proyektor dan saat pertunjukan dimulai, ruangan tertutup rapat sehingga tidak ada cahaya yang masuk dan sirkulasi udara di atur dengan pendingin ruangan

Source https://www.korankaltim.com https://www.korankaltim.com/index.php/arsip/taman-tata-surya-pertama-di-indonesia
Comments
Loading...