Taman Simalem Resort, Merek Hill Lake Toba

0 103

Taman Simalem Resort

Taman Simalem Merek Hill-Lake Toba adalah sebuah tempat tetirah beristirahat (resort). Dalam Bahasa Karo, Simalem artinya teduh atau sejuk. Letak Taman Simalem Resort berada di Jalan Raya Merek-Sidikalang kilometer 9, Kabupaten Simalungun, Berastagi, Sumatera Utara, Indonesia.

   

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Tidak disangka seorang kenalan yang hobi melancong baru saja pulang dari Tongging dan mampir di Taman Simalem.

  • Sebelum Berastagi, kalau arah ke kanan menuju Kabanjahe. Sementara ke kiri Taman Simalem Resort. Dari sini, sekitar 8 km lagi menuju gerbang utama Taman Simalem Resort. Di pintu gerbang ada petugas yang menjaga pintu masuk. Khusus tarif mobil Rp. 250.000 dan diberi kupon voucher diskon. Sedangkan sepeda motor Rp. 85.000, minibus tergantung isi penumpang antara Rp. 500.000-900.000. Semua pengunjung mendapat kupon berbelanja. Pintu masuk pertama ada air mancur fountain of wealth.

  • Di dalam Taman Simalem ada beberapa pilihan jalan menuju taman bunga, Tongging point, vihara.
  • Katanya, Danau Toba kalau pagi hari cantik sekali. Laksana melihat kalender pemandangan alam seperti itulah kira-kira gambarannya.
  • Ada sejumlah cafe, satu di antaranya kodon-kodon menghadap ke Danau Toba.
  • Ada banyak wahana yang bisa dicoba selama berada di Simalem Resort seperti kebun jeruk, Fountain of Wealth, taman Pearl of Lake TobaTongging Pointteh biwa, lapangan golf, kuil, kebun hewan, kebun bunga, dan outbound seperti panjat tebit, jaring laba-laba, jembatan flying fox, dan lain sebagainya.

Taman Simalem semua sudah ada patokan harganya. Sepertinya, harus siap dengan kocek tebal. Lumrah saja, terpenting hepi dan fun. Asal jangan setelah berpergian ke tempat mewah, pulangnya marah-marah karena kurang puas lantaran foto wisata kadang tidak seindah aslinya.

Akhir kata, teringat Tio Fanta Pinem dalam lagu, “O Taneh Karo Simalem” ciptaan Djaga Depari, maestro biola putra Karo asli yang sangat dikagumi Soekarno. Tidak tau pasti apakah lagu ini menggambarkan Tanah Karo Simalem yang kini menjadi Taman Simalem Resort? Ataukah Tanah Karo secara keseluruhan dengan alam subur sejuk, teduh, kaya-raya berlimpah ruah buah-buahan dan sayur-sayuran sebagaimana tergambar dalam syair berikut:

Taneh Karo Simalem Kutatap ras kutulihken, Taneh ingan kemulihen, Kujamu kuema-ema bage, Taneh karo mejile. O Taneh Karo Simalem, Ingan cio cilinggem.  Terjemahannya kira-kira, “O  Tanah Karo tercinta tempat kelahiranku, tempat aku berteduh dan berlindung. Tanah Karo Simalem atau Taman Simalem Resort, keduanya menawarkan pesona tiada habis.

Source https://www.semedan.com https://www.semedan.com/2016/01/peta-medan-menuju-taman-simalem-resort-merek-hill-lake-toba.html
Comments
Loading...