Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

0 12

Taman Sakura

Salah satu tempat menarik dan unik yang ada di kawasan Jawa Barat. Kebun botani ini didirikan oleh Kerajaan Belanda  pada tahun 1852. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas ini sendiri terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Akan ada suasana menarik yang bisa Anda nikmati selain hawa sejuk Puncak. Di Taman Sakura Kebun Raya Cibodas terdapat kurang lebih 435 pohon sakura, kawasan wisata yang telah berdiri sejak tahun 2007 ini memiliki luas sekitar 6000 meter persegi dengan ketinggian 1.400 meter anda dapat menikmati pohon sakura yang bermekaran di sini.

Di Indonesia sendiri pohon sakura dapat mekar selama 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada Januari-February dan pada bulan Juli-Agustus. Bunga Sakura ini hanya bisa bertahan hingga 2 minggu saja. Salah satu penyebab dari fenomena tersebut adalah letak geografis yang dimiliki Kebun Raya Cibodas.  Kebun ini memiliki ketinggian 1.425 meter diatas permukaan laut. Ketinggian kebun raya  ini cocok dengan habitat asli Sakura. Selain itu faktor kontur tanah, iklim,  dan perawatan.

Pohon Sakura koleksi Taman Sakura rata-rata umurnya antara 4 sampai 5 tahun dengan ketinggian pohon antara 3 sampai 5 meter. Dan pada salah satu bagian taman yang ada sungainya, pohon Sakura jenis Himalaya (prunus cerasoides D Don) di tanam berbaris sepanjang 100 meter disamping kiri dan kanan alur sungai dengan jarak antara tiap pohon sejauh 5 meter.

Selain menyajikan ratusan pohon sakura, anda juga dapat menikmati hamparan taman hijau dengan rumput yang luas, serta pohon pohon raksasa yang telah menua, ada juga koleksi tanaman langka, taman lumut yang unik, Kolam, sungai, air terjun, air mancur dan rumah kaca dalam satu wahan wisata. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto prewedding. Fasilitas yang tersedia dikawasan ini sudah cukup lengkap dan memadahi.

Terdapat Wana Wisata Cibodas, wahana permainan anak, shelter, pendopo, teater alam terbuka, tempat ibadah, fasilitas MCK, dan juga Camping Ground. Harga tiket yang harus anda bayar sekitar Rp.10.000,- per orang. Untuk biaya masuk kendaraan roda dua Rp.5000,- sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp.20.000,-.

Source http://wisataa.com http://wisataa.com/category/bogor
Comments
Loading...