Taman Ratu Safiatuddin, Untuk Mengenang Sang Ratu Aceh

0 15

Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin ini merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan berbagai jenis rumah adat dari kabupaten atau kota yang ada di provinsi Aceh. Tercatat, tak kurang dari 23 rumah adat tradisional Aceh bisa dijumpai disini. Taman yang sering disebut taman mininya Aceh ini, juga sering dijadikan diadakan berbagai festival budaya serta seni pertunjukan.

Secara geografis, Taman Ratu Safiatuddin terletak pada Jalan T. Nyak Arief, Desa Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Provinsi Aceh. Lokasi dari taman ini juga sangat dekat dengan Masjid Agung Al-Makmur dan juga Kantor Gubernur Aceh. Wisatawan pun bisa menjangkau lokasi taman ini dengan mudah, terdapat angkutan umum seperti labi-labi atau bisa menggunakan kendaraan pribadi.

 

Daya Tarik Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin ini juga menjadi tempat diselenggarakannya Pekan Kebudayaan Aceh yang dilaksanakan tiap 5 tahun sekali. Acara ini akan mempertontonkan aneka ragam kebudayaan dari berbagai suku yang ada di Serambi Mekkah, seperti Suku Aceh, Suku Gayo, Suku Tamiang, Alas, Suku Singkil, Kluet, Aneuk Jame dan Simeulue. Selain itu, di taman ini juga sering diadakan acara masak memasak yang memamerkan kuliner khas dari berbagai kabupaten dan kota. Acara ini diselenggarakan oleh ibu-ibu PKK, dengan masak secara massal dan dibagikan kepada pengunjung secara gratis. Ketika sore hari, Taman Ratu Safiatuddin juga akan ramai dipadati oleh pengunjung. Banyak anak-anak kecil yang asyik bermain sepatu roda disekitar panggung utama. Selain itu, banyak pula masyarakat sekitar yang berkunjung ke taman untuk sekedar menghilangkan rasa penat usai menjalankan aktivitas sehari-hari.

Fasilitas di Taman Ratu Safiatuddin

Di Taman Ratu Safiatuddin ini, juga dilengkapi berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan. Sudah tersedia fasilitas seperti toilet umum, tempat sampah, tempat parkir, dan juga musholla untuk beribadah. Wisatawan juga bisa pergi ke Masjid Agung Al-Makmur yang lokasinya cukup dekat dari taman ini. Wisatawan juga tidak akan kesulitan untuk mencari kuliner disekitar Taman Ratu Safiatuddin. Biasanya, banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam makanan, selain itu disekitar lokasi taman juga terdapat warung, café hingga rumah makan yang bisa dituju oleh wisatawan. Apabila wisatawan hendak bermalam, maka bisa memilih hotel dan penginapan yang ada tak jauh dari taman. Berkunjung ke taman ini bisa menjadi pilihan yang menarik, dikala hari libur tiba. Selain berlibur, kita juga bisa lebih mengenal tentang kebudayaan di Aceh. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di lokasi Taman Ratu Safiatuddin.

Wisata Budaya Taman Ratu Safiatuddin

Jika kamu seorang yang mencintai kebudayaan dan seni, maka tempat wisata satu ini sangat cocok menjadi tujuan berlibur disaat akhir pekan. Di taman ini, kamu akan disajikan dengan aneka ragam rumah adat dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di Aceh. Rumah-rumah yang ada disini sangat unik, serta memiliki nilai arsitektur tinggi. Kamu juga bisa melihat berbagai perabotan tradisional seperti pelaminan, baju tradisional, dan benda-benda lainnya. Selain itu, ditaman ini juga sering dilaksanakan berbagai pertunjukan kesenian dan budaya. Namun sebelum berkunjung, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui jadwal diselenggarakannya pertunjukkan seni di Taman Ratu Safiatuddin.

Hunting Foto di Taman Ratu Safiatuddin

Bagi para pecinta fotografer, tempat ini juga seakan menjadi surga yang menawarkan banyak objek menarik serta spot memotret. Kamu bisa memotret keindahan rumah-rumah adat tradisional di Aceh, serta berbagai koleksi yang ada didalamnya. Banyak pula para pengunjung yang menjadikan rumah-rumah ini sebagai background untuk berfoto selfie. Jika kamu tengah mencari objek menarik untuk tempat foto prewedding, maka Taman Ratu Safiatuddin ini bisa menjadi alternatif. Kamu bisa berjalan, menyusuri setiap jengkal taman untuk mencari spot-spot yang lebih indah dan view berberda. Bawalah kamera yang bagus, agar hasil fotomu lebih mengesankan.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Taman-Ratu-Safiatuddin
Comments
Loading...