Taman Purbo, Wisata Bunga Matahari Simo

0 11

Taman Purbo

Kebun Bunga Matahari ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi di Dusun. Gunung RT 03/ 01, Desa Wates, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Taman Purbo mengusung tema bunga matahari sebagai daya tarik untuk swafoto. Selain itu, dilokasi ini juga ada dekorasi yang unik dan spot penunjang lainya. Ada tulisan “Taman Purbo” yang handmade banget, terus ada tulisan- tulisan hits gitu, dan ada gardu pandang gitu.

Nama “taman Purbo” diambil dari salah satu daerah disekitar di Gunungkidul, Yogyakarta. Kalau disana juga ada hamparan bunga matahari yang memang ditanam warga dan penduduk sekitar menyebut bunga matahari dgn nama bunga purbo. Jadi “bunga purbo” artinya “bunga matahari”, jadi taman purbo adalah “taman bunga matahari”.

Taman Purbo merupakan inisiasi dari laki – laki bernama Ginting Sanjay Rayhan di desa Wates. Beliau adalah warga asli Wates yang sudah beberapa waktu berada di Magelang, karena dapat istri orang sono. Dengan latar belakangnya bidang pertanian khususnya holtikulutra dan sudah mengeluti bunga matahari yakni Taman Dewari di Magelang bahkan sudah booming disana, beliau ingin mengembangkanya kembali di kampung halamanya. Terlebih memang di Wates sendiri dari dulu sudah terkenal dengan sektor pertanianya, jadi “kenapa tidak dengan bunga matahari”.

Selain ingin memberikan nilai tambah pada sektor pertanian, beliau ingin memberikan inspriasi kepada pemuda sekitar akan kearifan lokal yang bisa dikembangkan meskipun di desa. Awal Juni menjadi titik permulaan perjuangan pemuda ini. Disewalah lahan milik warga untuk penanaman bunga matahari. Dua bulan berselang tepatnya 3 Agustus 2018 secara resmi wisata alam Taman Purbo secara resmi dibuka untuk umum. Tiket masuknya murah banget cuma Rp. 5.000 saja perorang, plus parkirnya Rp. 2.000 per sepeda motor. Pengunjung bebas berswafoto dengan latar bunga matahari maupun di spot – spot kece yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Menuju ke lokasi gampang banget kok dari arah Tugu Macan Simo kamu tinggal ke Kacangan. Searah kok dengan Kali Cemara. Nah kalau sudah ketemu Pohon Beringin menuju Dukuh Gunung tinggal masuk saja. Nah lokasinya ada di Kanan jalan. Hadirnya “Taman Purbo” di Desa Wates semakin menambah jajaran tempat wisata simo Boyolali.

Jadi kamu gak bakal rugi dech kalau ke Simo, karena kamu bisa sekaligus mengunjung beberapa tempat wisata sekaligus. Apalagi tempat wisata di Simo itu murah -murah banget. Ternyata ada banyak banget ya potensi desa yang bisa dikembangkan, salah satunya ya taman bunga matahari yang satu ini.

Source https://simosendiko.org https://simosendiko.org/2018/08/taman-purbo-wisata-bunga-matahari-hits-simo-boyolali/
Comments
Loading...