Taman Prasejarah Sumpang Bita, Maros

0 7

Taman Prasejarah Sumpang Bita

Taman Prasejarah Sumpang Bita, yaitu Leang Bulu Sumi dan Leang Sumpang Bita itu sendiri. Kalau kita mau menuju ke basecamp Gunung Bulusaraung dari arah Kota Makassar, kita akan melewati gang masuk menuju objek wisata ini. 

    

Lokasinya masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Balocci Baru, Kecamatan Balocci, Kab. Pangkep. Kawasan ini sudah ditetapkan oleh Mendikbud sebagai situs cagar budaya berskala nasional dengan luas 225.203 m2. Karenanya tidak sembarangan kita bisa masuk ke dalam area goa yang terdapat lukisan-lukisan dan peninggalan prasejarah. Harus ada surat pengantar dari dinas terkait. Kalau setiap orang yang kesana bebas masuk bisa gawat kan. Nggak semua tangan bisa mengendalikan diri juga toh, ada yang bertanggung jawab ada juga yang “nakal”.

Objek wisata ini cukup terpisah jauh dari saudaranya Taman Pubakala Leang-leangyang berada di Kabupaten Maros. Tak berbeda jauh, peninggalannya pun hampir sama. Selain lukisan ada juga alat serpih, fragmen gerabah, tulang, gigi, dan cangkang moluska. Di lokasi lukisan dinding dipasang pagar pembatas agar pengunjung tidak memegang secara langsung.

Kemungkinan masih banyak goa atau leang yang terdapat lukisan bukti keberadaan kehidupan prasejarah ribuan tahun silam di sepanjang pegunungan karst terbesar kedua di dunia itu. Memang yang sudah terkenal dan dijadikan lokasi wisata edukasi adalah Leang-leang dan Sumpang Bita, tapi tidak menutup kemungkinan ada yang lain-lainnya lagi. Sungguh luar biasa alam dan budaya Indonesia kita ini bukan. Kita patut bangga dan yang paling utama adalah turut serta dalam melestarikannya.

Source https://www.ardiyanta.com https://www.ardiyanta.com/2015/11/jelajah-purbakala-di-leang-sumpang-bita.html
Comments
Loading...