Taman Pelangi Surabaya

0 95

Taman Pelangi Surabaya

Taman Pelangi merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Surabaya yang terletak di Jl.Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.138, Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235, berlokasi di tengah jalan raya padat dengan desain unik dan memiliki ciri khas sendiri di tengah tamannya.  Memang tidak sebesar dan seramai taman lainnya seperti Taman Bungkul tapi taman ini sering ramai di kunjungi. Disebut Taman Pelangi karena ketika malam taman yang memiliki monumen dengan struktur layout berbentuk rangkaian batang dalam pola lengkung dan bercahaya warna warni. Taman pelangi ini juga berfungsi sebagai ruang hijau di kota metropolitan seperti Surabaya.

Akses

Dalam menuju Taman Pelangi ini sangat banyak akses transportasinya. Lokasi yang berada di jalan raya Ahmad Yani merupakan jalan utama penghubung Surabaya dengan luar kota sehingga taman ini seperti taman penyambut bagi yang datang ke Daerah Surabaya dan taman pelepas bagi yang keluar dari Surabaya.  Akses transportasi bisa menggunakan bus kota atau angkot dengan jurusan Sidoarjo atau terminal Bungurasih. Tinggal tanya aja apakah lewat kantor (BULOG (DOLOG) karena taman ini berada di seberang kantor tersebut. Naik motor pun bisa yang jelas melewati Jalan Ahmad Yani menuju arah Sidoarjo, lalu di sebelah taman pelangi ini putar balik karena untuk tempat parkir hanya di sisi barat atau diseberang kantor Bulog tadi.

Fasilitas

Fasilitas Tempat Wisata Taman Pelangi ini seperti ruang publik pada umumnya yang pasti terdapat tempat parkir yang luas. Di taman ini tempat parkirnya tidak terlalu luas mungkin hanya mampu menampung sekitar beberapa puluhan motor dan beberapa mobil. Untuk biaya parkir seperti umumnya yaitu cuma 3ribu rupiah saja. Lanjut ke tempat yang wajib dibuat foto yaitu monumen yang menjadi ikon dari taman pelangi itu sendiri. Saat siang hari hanya berwarna putih tapi kalo anda kesini malam hari monumen ini berwarna warni seperti pelangi yang berasal dari lampu yang berubah ubah – ubah warnanya.

Bunga di tamannya sendiri ada banyak beragam macam mulai bunga jenis semak yang rendah sampai pohon yang cukup rimbun menutup sisi tengah taman ini. Cuma karena saya kesini malam hari jadi tidak bisa foto warna bunga yang ada disini. Untuk jalan setapak dan kondisi taman ini bisa di bilang cukup bersih bebas dari sampah. Mungkin hanya  beberapa daun yang jatuh yang belum di ambil oleh pihak kebersihan. Tempat sampah yang disediakan juga cukup banyak yang tersebar di beberapa sudut taman.

Di tengah – tengah taman juga terdapat ruangan kosong yang cukup luas yang bisa dipakai tempat kumpul  – kumpul atau ‘cangkrukan’. Tenang aja di taman ini diberikan penerangan yang cukup dan ada pihak keamanan yang siap siaga berjaga dan berkeliling.

Beberapa hal yang membuat taman ini nyaman adalah tidak adanya penjual di dalam taman jadi tidak perlu terganggu oleh penjual yang menawarkan dagangan. Waktu kesini hanya ada satu penjual minuman itupun di area parkir.

Source taman pelangi jawa timur
Comments
Loading...