Taman Nasional Tesso Nilo di Pelalawan

0 175

Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) menyimpan banyak keanekaragaman hayati, baik dari segi flora dan juga faunanya. Di sini kita tidak hanya disuguhi oleh banyaknya kearifan lokal dari masyarakat yang ada di sekitarnya. Kawasan yang masuk wilayah taman nasional ini adalah kawasan bekas Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Secara administratif pemerintahan, sebagian besar dari kawasan TNTN berada dalam wilayah Kabupaten Pelalawan sebagian kecil berada di dalam wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Keindahan Taman Nasional Tesso Nillo

Di dalam TNTN terdapat wisata alam yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang ingin berpetualang, Keanekaragaman hayati dari Taman Nasional Tesso Nilo di tempat ini kita bisa melihat 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia di setiap hektar Taman Nasional Tesso Nilo.

Tidak hanya itu, Tesso Nillo juga adalah salah satu sisa hutan dataran rendah yang menjadi tempat tinggal 60-80 ekor gajah dan merupakan kawasan konservasi gajah. Gajah-gajah terlatih bersama para pawangnya melakukan mitigasi konflik antara manusia dan gajah liar yang tergabung dalam Elephant Flying Squad.

Selain alamnya yang indah, di sini juga terdapat kearifan lokal masyarakatnya dalam memanen madu. Madu merupakan salah satu hasil hutan non kayu yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kawasan taman nasional Tesso Nilo. Masyarakat memanen madu dengan cara tradisional yang sangat unik dan menarik untuk kita saksikan.

Mereka memanjat pohon sialang (pohon tempat lebah hutan bersarang) pada malam hari dengan ritual khusus. Tidak sembarang orang bisa atau memiliki kemampuan untuk memajat pohon berdiameter berkisar 80 – 150 cm dan tinggi mencapai ± 25 m

Tim Mata Harimau mengunjungi Taman Nasional Tesso Nilo

Dengan peralatan yang sangat sederhana dan dilaksanakan pada malam hari. Jadi, proses pemanenan madu hutan di TNTN merupakan tradisi dan budaya lokal yang wajib Anda saksikan. Selain menyaksikan proses pemanenan madu, Anda juga dapat membeli madu hutan asli dari petani sebagai buah tangan yang tentunya dijamin sangat manis.

Source Taman Nasional Tesso Nillo Taman Nasional Tesso Nilo di Pelalawan
Comments
Loading...