Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS)

0 12

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Jika kita ke jakarta salah satu hal yang dipikirkan ketika akan berlibur kesana adalah kemacetannya serta banyaknya gedung-gedung tinggi menjulang. Tetapi jangan salah, jakarta mempunyai tempat wisata alam yang indah mempesona, yaitu Kepulauan Seribu.

Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia. Kepulauan Seribu terletak di Laut Jawa dan Teluk Jakarta yang terdiri dari gugusan pulau-pulau terumbu karang yang terbentuk dan dibentuk oleh biota koral dan biota asosiasinya (algae, malusho, foraminifera dan lain-lain).

Dengan bantuan proses dinamika alam. Dulu, Kepulauan Seribu merupakan kecamatan. Sejak 2001, Kepulauan Seribu ditingkatkan menjadi Kabupaten Administrasi yang terdiri dari 2 kecamatan dan 6 kelurahan dengan ibukota kabupaten di Pulau Pramuka. Kepulauan Seribu atau Pulau Seribu merupakan nama wilayah kepulauan yang ada sekitar 45 kilometer di utara ibu kota Jakarta, Kepulauan tersebut terdiri dari 110 pulau ada yang berpenghuni dan ada juga yang tak berpenghuni yang sejajar seperti rantai sehingga disebut kepulauan seribu walaupun jumlahnya cuma ada ratus pulau.

Wisata di Pulau Seribu ini ada dua kategori, yakni wisata pulau yang bisa dinikmati umum, dan wisata pulau yang sifatnya privat resort serta Kepulauan Seribu mempunyai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang memiliki luas kurang lebih 108.000 ha. Kepulauan seribu memang surganya pulau- pulau dengan segala keindahannya, anda akan menemukan banyak pulau dengan ciri khas dan keistimewaanya masing.

Banyak pulau di gugusan Kepulauan Seribu sudah dikelola menjadi pulau wisata. Pulau-pulau tersebut umumnya masih sangat alami dan bersih karena terletak di tengah laut atau cukup jauh dari Teluk Jakarta.  Berikut pulau tereksotis yang bisa anda kunjungi dikepulauan seribu yaitu; Pulau Pramuka, Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau karang congkak, Pulau Kotok, Pulau  Putri, Pulau Sepa, Pulau Tidung, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, Pulau Pari, Pulau Harapan dan Pulau Pantara.

Source http://wisataa.com http://wisataa.com/category/jakarta
Comments
Loading...