Taman Nasional Danau Sentarum: Pesona Hutan di Atas Air di Kalimantan Barat

0 23

Taman Nasional Danau Sentarum

Sebagai tempat dengan beragam koleksi satwa liar dan lingkungan alam yang indah, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Taman Nasional Danau Sentarum. Bagi mereka yang suka menikmati mengamati burung, Bukit Lanjak dan Nanga Kenelang diketahui memiliki tempat terbaik untuk mengamati beberapa keajaiban terbang di Danau Sentarum.

Danau interkoneksi yang luas dan mempesona juga membuat tempat yang sempurna untuk kano sambil mengamati satwa liar alami pada saat bersamaan.

Bagi mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang Taman Nasional Danau Sentarum, sebuah laboratorium penelitian tersedia di Bukit Tekenang. Di sekitar taman nasional, sekitar 6 km dari daerah Lanjak, Anda juga bisa menemukan Rumah Betang tradisional atau rumah panjang tradisional Dayak. Jika Anda ingin mengalami dan belajar lebih banyak tentang filosofi di balik keharmonisan hidup antara alam dan manusia sesuai dengan cara orang Dayak, Anda mungkin ingin mencoba meluangkan waktu bersama mereka.

Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) merupakan tempat hidup bagi 265 jenis ikan air tawar, 675 jenis tanaman, 311 jenis burung, 64 jenis reptil dan amfibi serta 154 jenis anggrek alam. Adapun yang menjadi satwa dan tumbuhan endemik di daerah ini adalah tembesu atau tengkawang (Shorea beccariana), jelutung (Dyera costulata), ramin (Gonystylus bancanus), meranti (Shorea sp), keruing (Dipterocarpus sp), dan kayu ulin (Eusideroxylon zwageri).

Sementara satwa yang dapat dijumpai adalah siamang (Hylobates muelleri), keluarga kera seperti bekantan (Nasalis larvatus), orangutan (Pongo pygmaeus), long-tailed monkey (Macca fascicularis), tupai (Callosciurus notatusC. Prevostii), tupai besar (Ratufa affinis), beruang madu (Helarctos malayanus) dan macan pohon (Neofelis nebulosa). Beberapa jenis burung seperti bekakak (Halcyon capensis), enggang gading (Rhinoplax vigil), rangkong (Buceros rhinoceros), elang kepala putih (Haliastur Indus), dan burung Raja Udang (Alcedo Meninting).

Akses Menuju ke Taman Nasional Danau Sentarum

Dari ibu kota Kalimantan Barat, Pontianak, mobil sewaan bisa menjadi alternatif untuk menuju ke Taman Nasional Danau Sentarum dengan menempuh rute Pontianak-Sintang-Semitau, yang akan memakan waktu sekitar 11 jam.

Untuk pengalaman yang lebih menarik Anda mungkin ingin mengambil jalur sungai, dengan naik perahu 7 jam dari Sintang ke Semitau.

Dari Semitau, satu-satunya pilihan transportasi yang tersedia untuk sampai ke Taman Nasional adalah dengan kapal. Untuk perjalanan yang lebih pendek, Anda dapat menempuh sekitar satu setengah jam penerbangan dari Pontianak ke kota terdekat ke Taman Danau Sentarum, yaitu Putussibau. Dari Putussibau Anda bisa naik perahu sekitar 7 jam sebelum sampai di taman nasional.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/taman-nasional/taman-nasional-danau-sentarum-pesona-hutan-di-atas-air-di-kalimantan-barat
Comments
Loading...