Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi

0 67

Taman Nasional Bukit Dua Belas

Taman Nasional Bukit Dua Belas, disingkat dengan TNBD adalah taman nasional yang terletak di Sumatera, Indonesia. TNBD berada di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Sarolangun Bangko, Kabupaten Bungo Tebo, dan Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Memiliki luas yang relatif kecil diantara taman nasional lain namun luas petualangannya lebih dari keinginan para penjelajah. TNBD memiliki luas 60.500 hektar dan berada di ketinggian 50 – 400 meter di atas permukaan laut.

TNBD merupakan kawasan hutan hujan tropis dataran rendah. Topografinya bervariasi mulai dari dataran rendah, bergelombang, sampai yang berbukit. Bagian utara wilayah ini merupakan hutan primer dan sisanya merupakan kawasan gundul akibat penebangan liar yang dilakukan beberapa perusahaan yang ingin menjadikan hutan ini sebagai hutan produksi. Akan tetapi, kini kawasan sisa ini sudah mulai mengalami reboisasi dan fungsinya dikembalikan kesemula yaitu sebagai hutan hujan tropis. Nyatanya, kini hutan ini pun merupakan lumbung air bagi Provinsi Jambi.

Flora

Flora yang tumbuh di kawasan indah ini adalah: bulian (Eusideroxylon zwageri), meranti (Shorea sp.), kempas (Koompassia excelsa), jelutung (Dyera costulata), jernang (Daemonorops draco), damar (Agathis sp.)dan rotan (Calamus sp.). Tidak hanya itu, terdapat kurang lebih 120 jenis tumbuhan termasuk cendawan yang dapat dikembangkan sebagai tumbuhan obat.

Fauna

TNBD menjadi habitat dari beberapa satwa langka Sumatera diantaranya adalah: tapir (Tapirus), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus), beruk (Macaca nemestrina), macan dahan (Neofelis nebulosa diardi), kancil (Tragulus javanicus kanchil), beruang madu (Helarctos malayanus malayanus), kijang (Muntiacus muntjak montanus), meong congkok (Prionailurus bengalensis sumatrana), lutra Sumatera (Lutra sumatrana), ajag (Cuon alpinus sumatrensis), kelinci Sumatera (Nesolagus netscheri), elang ular bido (Spilornis cheela malayensis), dan masih banyak lagi lainnya.

Suku Asli

Merupakan hutan yang menjadi rumah bagi Orang Rimba atau lebih dikenal dengan sebutan Suku Anak Dalam Jambi. Suku Anak Dalam menyebut hutan yang ada di Taman Nasional Bukit Dua Belas sebagai daerah pengembaraan, dimana mereka berinteraksi dengan alam, saling memberi, saling memelihara dan saling menghidupi. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, suku Anak Dalam melakukan kegiatan berburu babi, mencari ikan, mencari madu, dan menyadap karet untuk dijual.

Waktu berkunjung

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional ini diantara Juni s/d Oktober.

Rute Menuju Taman Nasional Bukit Dua Belas

Untuk bisa sampai ke Taman Nasional Bukit Duabelas, Anda harus terlebih dahulu terbang ke ibu kota Provinsi Jambi yaitu Jambi. Setiap harinya tersedia penerbangan dari Jakarta, Medan dan Batam ke Jambi. Jarak dari bandara ke Bukit Duabelas sekira 180 km dan dibutuhkan waktu untuk berkeliling selama 6 jam untuk mencapai taman. Belahan kawasan TNBD perwilayah kabupaten dapat diakses dari masing-masing ibukota kabupaten, yaitu :

A. Kawasan TNBD Wilayah Kabupaten Sarolangun

1) Sarolangun => 75 km => Bangko => 62 Km=> Air Hitam (Pematang Kabau)
2) Sarolangun => 24 Km => Pauh => 60 Km => Air Hitam (Pematang Kabau)

B. Kawasan TNBD Wilayah Kabupaten Tebo

Muaro Tebo => 47,5 Km => Tebo Ilir => 35,5 Km => Sungai Jernih.

C. Kawasan TNBD Wilayah Kabupaten Batanghari

Muara Bulian => 84 Km =>Pauh => 60 Km => Pematang Kabau.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2017/05/taman-nasional-bukit-dua-belas-tnbd-jambi/
Comments
Loading...