Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

0 41

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi 

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi adalah salah satu objek wisata andalan yang terdapat di Kota Jambi. Taman ini berada di tengah-tengah kota atau hanya sekitar 500 meter dari Bandar Udara Sulthan Thaha Syaifuddin. Objek wisata Taman Rimba ini berlokasi di Jalan Sunaryo, tepatnya berada di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Untuk menuju ke lokasi Taman Rimba Jambi ini, anda bisa menggunakan transportasi apa saja, bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga bisa menggunakan kendaraan umum atau bisa menggunakan transportasi taksi.

  

Keberadaan objek wisata ini merupakan upaya pemerintah setempat untuk menyediakan tempat hiburan yang nyaman bagi masyarakat kota di tengah minimnya sarana bermain, taman hiburan, dan tempat wisata di Kota Jambi. Taman yang didirikan sekitar awal tahun 80an di atas lahan seluas 18 ha ini menggabungkan dua konsep wisata, yaitu wisata hiburan (bermain) dan kebun binatang. Dengan harapan, selain dapat melihat aneka jenis hewan, wisatawan juga terhibur dengan berbagai macam permainan. Oleh sebab itu, objek wisata ini kemudian disebut Taman Mini dan Taman Rimba Jambi.

Taman Rimba, jika mendengar nama ini mungkin yang akan terbayang di benak anda adalah taman yang bernuansa hutan. Tapi jangan salah, kesan natural tetap akan terasa di objek wisata ini, namun tempat ini tidak sepenuhnya tampak seperti hutan, tempat ini juga memiliki fasilitas taman bermain untuk anak-anak dan hal menarik lainnya, Taman Rimba ini juga memiliki nilai budaya dari Provinsi Jambi. Maka dari itu, objek wisata ini menjadi salah satu tujuan favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi adalah salah satu objek wisata andalan yang terdapat di Kota Jambi. Kompleks ini merupakan tempat wisata terpadu yang menawarkan sarana olahraga, taman rekreasi dan wisata budaya.

Objek wisata Taman Rimba ini penataannya bertemakan penggabungan dari dua jenis konsep wisata, yang antara lain adalah kosep wisata taman hiburan (sejenis taman bermain) dan konsep kebun binatang. Hal ini dilakukan agar para pengunjung tidak bosan untuk menghabiskan waktu Taman Rimba ini, karena selain bisa melihat beraneka ragam jenis-jenis hewan yang dilestarikan, para pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan bermacam-macam jenis permainan yang telah di sediakan oleh pengurus setempat, anda juga bisa sekalian piknik bersama keluarga tercinta sembari mengawasi buah hati anda.

Taman Mini ini merupakan tempat wisata di Jambi yang menghadirkan miniatur budaya yang ada di provinsi ini. Konsepnya sama dengan Taman Mini yang ada di Jakarta, yaitu menampilkan replika bangunan khas daerah. Bedanya, jika di Jakarta yang ditampilkan adalah budaya seluruh daerah di Indonesia, di sini yang ditampilkan hanya budaya setiap kabupaten di Jambi. Tempat wisata lainnya adalah Taman Rimba yang merupakan kebun binatang kebanggaan warga Jambi. Layaknya kebun binatang di tempat lain, di sini pun Anda bisa melihat beragam spesies binatang.

Objek wisata Taman Rimba yang ada di Kota Jambi ini memiliki koleksi hewan-hewan langka yang tidak jauh berbeda dari kebun-kebun binatang lainya, contohnya saja disana terdapat seekor beruang hitam, gajah, harimau sumatera, buaya, ular, kura-kura, orang utan, kuda poni, bahkan ada seekor kangguru yang akhir-akhir ini baru bergabung di Taman Rimba dan masih banyak lagi hewan-hewan langka yang di lindung dan dilestarikan di Taman Rimba ini. Yang paling banyak menarik minat para pengunjng Taman Rimba ini adalah koleksi burung-burungnya, yang antara lain adalah burung rangkok, burung pelikan laut, burung elang, burung rajawali, burung bangau, burung kasuari, hingga burung unta. Kenapa bisa koleksi tersebut yang lebih banyak menarik minat para pegunjung? Pasti anda penasaran bukan.

Hal itu di karenakan koleksi burung-burung yang telah disebutkan sebelumnya tadi, ditempatkan di dalam sebuah bangunan kaca yang berbentuk setengah lingkaran besar, mungkin bisa disebut sebagai sangkar raksasa yang dibuat dari kaca, keadaan sangkar tersebut dibuat semirip mungkin dengan habitat burung-burung tersebut, sehingga agak mirip seperti hutan kecil tepatnya. Dan para pengunjung dapat melihat koleksi burung-burung di objek wisata taman rimba ini dengan leluasa.  Banyak para pengunjung yang memilih lokasi piknik disekitar sangkar kaca tersebut, karena memang bangunan tersebut berada di tengah taman, jadi selain pemandangan sekitarnya indah, tempatya juga sangat rindang. Bagi para pengunjung yang ingin berkeliling taman tersebut, anda bisa menunggang binatang seperti gajah atau kuda yang telah disiapkan untuk mengantar anda sekalian untuk berkeliling melihat-lihat di sekitar taman. Selain Taman Mini dan Taman Rimba, di kompleks seluas 18 hektar ini juga ada stadion olahraga yang selalu ramai digunakan saat akhir pekan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jambi/taman-mini-dan-taman-rimba-jambi-dua-konsep-wisata-yang-sangat-menyenangkan.html
Comments
Loading...