Taman Marga Satwa Tandurusa, Kebun Binatang Mini di Sulawesi Utara

Seekor Tarsius Bitung (arsius spectrum) bertengger di pohon di Taman Marga Satwa Tandurusa Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu (26/3). Tarsius merupakan jenis satwa yang dilindungi dan bahkan dalam catatan PBB satwa genus tarsius ini masuk dalam 25 satwa di dunia yang paling terancam punah. ANTARA FOTO/Yusran Uccang/aww/16.
0 53

Taman Marga Satwa Tandurusa

Kota Manado, Sulawesi Utara memang menyimpan obyek wisata yang tidak ada habisnya untuk dikunjungi dan dinikmati panorama kendahannya. Salah satu obyek wisata yang tidak terpisahkan dari kota ini adalah Taman Margasatwa Tandurusa. Kebun binatang ini terletak di Kelurahan Tandurusa, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Lokasinya persis di tepian Selat Lembeh sehingga sering juga dimanfaatkan untuk rekreasi pantai.

Boy Gumolung adalah pendiri tempat ini atas tujuan bisnis sebelum akhirnya dikelola oleh pemerintah. Pengunjungnya hingga kini meliputi wisatawan lokal maupun mancanegara, masyarakat sekitar pun kerap berkunjung bersama keluarga mereka. Taman Wisata Tandurusa memang tidak terlalu luas namun koleksinya mencakup hewan-hewan langka khas Sulawesi seperti kera hitam, babirusa, tarsius, rangkong sulawesi, kuskus beruang, kakaktua hitam, elang laut, dan beberapa jenis ular dan phyton raksasa.

Salah satu hewan khas dan langka yang menghuni Taman ini adalah tarsius. Tarsius adalah satwa langka lucu yang aktif pada malam hari (nocturnal) dengan tinggi sekitar 15 cm, ekor panjang, dengan mata bulat besar yang konon tidak mampu berkedip. Hewan  yang bisa berkembang biak dengan baik di Filipina dan Sulawesi Utara ini tampak lucu dan seram dengan bola mata bulat besar yang dimilikinya.

Di Taman Margasatwa Tandurusa Manado ini Anda bisa menikmati tarsius dengan lebih leluasa dari dekat, karena satwa lucu ini berada dalam kandang berukuran besar dengan habitat yang menyerupai aslinya. Juga Anda diperbolehkan masuk ke dalam kandang untuk memotretnya. Anda dapat bertemu tarsius pada siang hari namun bersabarlah karena hewan ini hanya sesekali keluar untuk memanjat pohon.

Taman Tandurusa berbeda dengan Taman Nasional Tangkoko yang membiarkan tarsius hidup liar menyelami kehidupan nokturnalnya. Anda pun hanya bisa bertemu pada malam hari. Obyek wisata ini sangat pas untuk Anda kunjungi terutama yang memiliki anak kecil sebagai media edukasi mengenal aneka satwa yang unik, lucu dan beragam. Selain menikmati beraneka ragam hewan khas Sulawesi Utara, di Taman Tandurusa Anda akan di manjakan pula dengan banyaknya para pedagang yang menjajakan barang dagangannya di sekitar taman.

Untuk berkunjung ke Taman Marga Satwa Tandurusa Anda diharuskan membayar tiket masuk sekitar Rp 8.000. Akses jalan menuju ke wisata ini cukup mudah. Anda yang ingin mengunjungi Taman ini dapat melewati Jalan Manado-Bitung. Hingga sampai di kota Bitung melalui bagian selatan/tenggara kota Bitung yang artinya Anda sudah dekat dengan lokasi wisata, tinggal sekitar 10 kilometer lagi.

Anda sebaiknya mengikuti jalan utama dalam kota saja dan mengikuti jalan menuju pelabuhan Bitung, sekitar 2 km sebelum lokasi wisata sudah ada petunjuk jalan menuju pintu masuk Taman Margasatwa Tandurusa.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-utara/taman-marga-satwa-tandurusa-kebun-binatang-mini-di-sulawesi-utara.html
Comments
Loading...