Taman Makam Pong Tiku : Wisata Religi di Toraja Utara

0 103

Pong Tiku adalah seorangPahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Desa Panggala’ Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Pong Tiku merupakan pahlawan nasional yang berjuang melawan penjajahan kolonialisme Belanda di Toraja,dan oleh masyarakat dipanggil Nene’ Baso’.

Pong Tiku lahir di Toraja pada tahun 1846sebagai anak bungsu dari pasangan suami istri Karaeng dan Le’bok di Tondon Pangala’. Karaeng adalah penguasa adat Pangala’ dan sekitarnya. Karena kemampuan dan kepemimpinan Pongtiku yang menonjol, maka sekalipun ia anak bungsu,dialah yang menggantikan ayahandanya sebagai penguasa tatkala ayahnya sudah tua.

Pada bulan Maret 1906, pasukan Angkatan Perang Belanda di bawah Pimpinan Kapten Killian datang ke Toraja dengan tujuan melucuti dan mengumpulkan senjata api dari semua penguasa Toraja. karena Kerajaan-Kerajaan di Sulawesi Selatan sudah tidak mau lagi mengakui Perjanjian “BUNGAYA” (perjanjian perdamaian yang ditandatangani pada tanggal 18 November 1667.

Di Bungaya antara Kesultanan Gowa yang diwakili oleh Sultan Hasanuddin dan pihak Hindia Belanda yang diwakili oleh Laksamana Cornelis Speelman.Walaupun disebut perjanjian perdamaian, isi sebenarnya adalah deklarasi kekalahan Gowa dari VOC (Kompeni) serta pengesahan monopolioleh VOC untuk perdagangan di Sulawesi Selatan.)

Hasil gambar untuk Taman Makam Pong Tiku

Aksi ini dimenangkan oleh Belanda setelah beberapa kali peperangan dengan meggunakan tipu muslihat.sebagai contoh saat penangkapan Pongtiku di tepi sungai Sa’dan Rantepao pada tahun 1907 adalah hasil penghianatan seorang anggota/pasukannya yang diiming-imingi imbalan oleh Belanda.di atas tempat dihukum matinya Pong Tiku (terletak di Jalan Benteng Batu Rantepao) dibangun sebuah tugu peringatan/prasasti yang menceritakan perjuangan Pong Tiku.

Source http://aranpelaut.blogspot.com http://aranpelaut.blogspot.com/2013/04/pahlawan-pong-tiku.html
Comments
Loading...