Taman Maccini di Kota Makassar

0 74

Taman Maccini

Taman Maccini Sombala yang terletak di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini, ternyata dulunya adalah empang yang kemudian disulap oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadi taman. Taman ini merupakan ruang terbuka hijau yang dibangun pemerintah untuk membuat nyaman warga Makassar.

Warga Makassar maupun luar Makassar bebas menggunakannya secara gratis. Taman Maccini Sombala of Indonesiaterdiri dari 4 plaza dengan fasilitas didalamnya seperti joggling track, cycling track, pedestrian way, lavatory, gazebo, bangku taman, dan air mancur. Tidak hanya itu saja, taman ini pun dikelilingi oleh sebuah kanal buatan sepanjang 1.500 meter dengan lebar 35 meter yang menjadikannya sebagai nilai tambah keindahan taman ini.

 

Bagi Anda yang hobi berolahraga, Taman Maccini Sombala memiliki fasilitas yang dapat Anda gunakan, seperti cycling track dan jogging track yang cukup panjang di taman ini. Gazebo berfungsi sebagai tempat istirahat pengunjung yang lelah usai berolahraga mengitari Taman Maccini Sombala. Hadirnya beberapa gazebo seakan memberi nilai plus bagi taman yang dicetuskan oleh Syahrul Yasin Limpo ini. Bentuk atap dan pemilihan bahannya sangat cocok dengan area sekitar taman.

Hamparan pepohonan yang hijau sangat menyejukkan mata, hati dan pikiran khususnya bagi Anda yang sedang merasa lelah dan penat. Dibandingkan taman lain di kota Makassar, Maccini Sombala masih tergolong sepi dan tidak seramai taman Macan di Jl. Sultan Hasanuddin. Selain dijadikan taman kota, Maccini Sombala of Indonesia juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, rekreasi, dan berkebun. Untuk Anda yang ingin berkunjung taman kota ini dibuka setiap sorenya, khusus hari libur atau ketika ada acara besar taman ini dibuka hingga malam hari.

Ketika Anda memasuki Plaza I Taman Maccini Sombala of Indonesia, Anda akan disguhkan sebuah lapangan luas lengkap dengan gazebo yang mengelilinginya. Lokasi ini sangat cocok dijadikan background foto bersama teman ataupun keluarga. Untuk Anda yang ingin belajar berkebun silahkan datang ke Plaza II dan Anda akan menemukan berbagai macam tanaman baik buah-buahan dan sayur-sayuran yang dirawat secara agrikultural dan hortikultural. Selain buah dan sayuran Anda juga bisa belajar cara merawat bunga anggrek.

Masuk ke Plaza III Anda akan menemukan sebuah lapangan kecil berbentu bulat yang dihiasi pohon palm didalam lingkarannya. Di plaza ini juga terdapat pondok bambu khas pondok petani. Sampai di Plaza terakhir yaitu Plaza IV adalah tempat beristirahat karena banyak terdapat gazebo dan bangku taman di setiap sudutnya. Satu hal yang perlu diketahui bahwa setiap Plaza bisa dilalui dengan bersepeda sehingga akan lebih mengasyikkan ketika berkeliling mengingat taman kota ini terbilang cukup luas.

Kanal yang mengitari areal taman, bisa Anda jadikan sebagai ajang uji keberuntungan bagi Anda yang hobi memancing. Di kanal ini, banyak warga yang tiap sore meramu umpan untuk mendapatakan ikan buruannya. Buat Anda yang ingin menikmati sebuah taman kota yang jauh dari kebisingan kota, mungkin inilah tempat yang tepat. Taman yang tenang dengan dikelilingi kanal, sejuknya pepohonan yang tumbuh rindang, dan kebersihan yang membuat hati ikut senang menikmatinya.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-selatan/taman-maccini-sombala-indonesia-pilihan-akhir-pekan-di-sulawesi-selatan.html
Comments
Loading...