Taman Laut Togean, Sulawesi Tengah

0 59

Taman Laut Togean

Taman Laut Togean di Kecamatan Tojo Unauna. Perjalanan menuju Togean dapat ditempuh empat jam jalan darat yang dilanjutkan naik perahu motor. Objek wisata yang eksotis ini alam bawah lautnya merupakan surga bagi wisatawan yang huni dengan berbagai karang tropis dalam ukuran jumbo serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari.

    

Memancing, berlayar, berenang dan menyelam dapat dilakukan tiap saat. Taman laut ini diperindah pula dengan deretan pulau-pulau kecil dan besar yang berhutan lebat yang dihuni oleh babi hutan dan tangkasi, perumahan suku Bajou, hilir mudik nelayan dan deretan cottage di pinggir pantai menambah keindahan alam Togean. Pesona Indonesia Pulau-pulau kecil di Togean juga memiliki pantai berpasir putih cocok untuk wisatawan yang gemar berjemur sambil menikmati matahari terbenam.

Kepulauan Togean merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda namun bersada pada satu kawasan yang sama. Pesona Indonesia Tiga lingkungan karang itu adalah Karang Atol, Karang Barier, dan Karang Pantai yang semuanya menjadi habitat bagi flora dan fauna laut. Karang Atol ini berbentuk pulau karang yang ditengah-tengahnya terdapat danau yang dalam. Kepulauan Togean yang indah ini membuat wisatawan mancanegara yang pertama kali mengunjungi akan langsung jatuh cinta dengan keindahan pulau-pulau karang di tempat ini.

Kecantikan alam Togean membuat banyak wisatawan akhirnya untuk tinggal lebih lama dari rencana semula. Pesona Indonesia Kepulauan yang terletak di tengah Teluk Tomini ini ditumbuhi kawasan hutan yang belum terjamah untuk dan menjadi tempat perlindungan bagi hewan-hewan yang ada di dalamnya. Namun kecantikan yang sebenarnya berada di pantai dan laut. Berbagai kombinasi bentuk karang berpadu dengan birunya air laut yang jernih membuat keindahan tempat ini menjadi sangat mengesankan.

Pulau Batudaka merupakan pulau terbesar dan paling yang paling mudah dicapai di kepulauan Togean. Di pulau batu daka terdapat dua desa yaitu Desa Bomba dan Wakai. Bomba merupakan kawasan pemukiman yang terletak diujung barat laut kepulauan Togean. Pesona IndonesiaBomba bukan kawasan tempat tercantik di kawasan Togean karenannya kebanyakan wisatawan hanya melewati saja tempat ini untuk menuju tujuan utama yaitu ke wakai di Pulau Kadidiri.

Namun demikian Bomba merupakan tempat yang cukup menarik dan tidak terlalu ramai.Karang Barier  merupakan deretan karang yang berjejer mengelilingi pulau menyerupai benteng atau dinding laut yang melindungi pulau lain di dekatnya dari terjangan ombak laut. Pesona Indonesia Tinggi karang ini mulai dari dasar hingga ke permukaan laut mencapai 200 meter, ini belum termasuk bagian karang yang berada di atas permukaan yang bisa mencapai tinggi beberapa meter lagi.

Disini pengunjung dapat berenang dan snorkeling di lokasi yang cukup bagus. Anda juga dapat mengunjungi goa kelelawar yang terletak di dekat bomba namun untuk mendatangi tempat ini dibutuhkan pemandu.Pesona Indonesia Kawasan pemukiman terbesar di Togean adalah Wakai.

Tempat ini merupakan titik keberangkatan bagi kapal-kapal yang akan menuju ke pulau Kadidiri. Beberapa kilometer kearah pedalaman terdapat air terjun. Wisatawan dapat melakukan perjalanan yang menyenangkan menuju ke air terjun melalui desa-desa dikawasan ini.

Tentena memiliki fasilitas akomodasi dan tempat makan yang lengkap, namun pantai di Tentena masih kalah cantik dibandingkan di Pendolo.Pulau Kadidiri terletak tidak jauh dari wakai merupakan pusat kunjungan wisata di kepulauan Togean. Pesona Indonesia Pulau Kadidiri merupakan pulau paling popular dikalangan wisatawan karena pantainya yang sangat bagus dengan lokasi snorkeling dan menyelam yang sangat prima. Juga terdapat deretan batu karang terjal yang menjadi habitat kepiting karang.

Lokasi menarik yang harus dikunjungi ketika berada di Tentena adalah jembatan sepanjang 210 meter yang berada diujung utara Danau Poso. Dibawah jembatan, air danau mengalir dengan deras mengalir memasuki sungai untuk memulai perjalanan panjangnya menuju ke laut. Tentena terkenal dengan hewan belut dengan panjang mencapai dua meter. Hewan ini tinggal di dasar danau dan banyak yang keluar mengikuti arus air menuju sungai. Di tepi sungai terdapat Goa Pamona. Panorama di dekat goa ini cukup indah. Lebih jauh dari kota, di jalan raya yang menuju ke Kolonodale terdapat Goa Latea yang berisi tulang belulang mayat yang dikubur pada masa lalu.

Source http://pesonawisataindonesia.com http://pesonawisataindonesia.com/wp-content/pep-vn/cache/request-uri/data/pesonawisataindonesia.com/pesona-indonesia-taman-laut-togean-di-sulawesi-tengah/index-sw_.html
Comments
Loading...