Taman Ismail Marzuki Di Jakarta Pusat

0 15

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki merupakan dari sekian tempat wisata yang ada di daerah Ibukota Jakarta. Taman ini juga dikenal dengan sebutan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki. Taman Ismail Marzuki berlokasi di Jalan Cikini Raya No.73, RT 08 / RW 02, Cikini, Menteng, RT.8/RW.2, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330.

Sebagai sebuah pusat kesenian dan kebudayaan tentu Taman Ismail Marzuki memiliki beragam fasilitas yang memadai. Terhitung sejak awal diresmikan hingga saat ini, Taman Ismail Marzuki memiliki enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, dan bioskop.

Selain itu, disini pengunjung bisa menyaksikan berbagai pentas kesenian dan budaya yang rutin diadakan setiap beberapa pekan. Acara-acara seni dan budaya dipertunjukkan secara rutin di pusat kesenian ini seperti pementasan drama, tari, wayang, musik, pembacaan puisi, pameran lukisan dan pertunjukan film. Berbagai jenis kesenian tradisional dan kontemporer, baik yang merupakan tradisi asli Indonesia maupun dari luar negeri juga dapat ditemukan di tempat ini.

Fasilitas Taman Ismail Marzuki

• Graha Bhakti Budaya
Tempat ini merupakan sebuah gedung pertunjukan yang cukup besar. Tersedia sekitar 800 kursi. Selain itu panggungnya berukuran 15m x 10m x 6m. Gedung ini biasanya dipergunakan untuk pertunjukan konser tari, film, musik, teater baik tradisional maupun modern.

• Galeri Cipta II dan Galeri Cipta III 
Kedua ruang ini dipergunakan untuk pameran seni lukis, seni patung, diskusi dan seminar, dan pemutaran film pendek. Gedung ini dapat memuat sekitar 80 lukisan dan 20 patung.

• Teater Kecil/Teater Studio
Gedung ini memiliki kapasitas yang mampu menampung sekitar 200 orang. Gedung ini mempunyai banyak fungsi seperti seni pertunjukan teater, musik, pembacaan puisi, seminar, dll.

• Teater Halaman (Studio Pertunjukan Seni) 
Tempat ini digunakan untuk pertunjukan seni eksperimen bagi seniman muda teater dan puisi, mempunyai kapasitas penonton yang fleksibel.

• Plaza dan Halaman 
Selain gedung teater, TIM juga mempunyai areal parkir yang cukup luas yang merupakan lahan serba guna dan dapat dipergunakan untuk berbagai pertunjukkan kesenian open air.

Source http://biasputih.com http://biasputih.com/tempat-wisata/taman-ismail-marzuki-pusat-kesenian-jakarta/
Comments
Loading...