Taman Hutan Raya Lati Petangis

0 53

Taman Hutan Raya Lati Petangis

Taman Hutan Raya Lati Petangis yang berlokasi di kecamatan Batu Engau masih menjadi salah satu favorit warga masyarakat kab. Paser saat memanfaatkan momen libur panjang lebaran, ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan, khususnya pada tanggal 16 dan 17 Juni 2018 yang lalu.

Kurang lebih sebanyak 6.000 pengunjung yang berdatangan dari berbagai penjuru Kab. Paser untuk menikmati wisata di tempat tersebut, puncak datangnya pengunjung terjadi pada hari minggu. Obyek wisata yang menempuh waktu hanya kurang lebih 30 menit dari kota Tana Paser ini masih menjadi salah satu pilihan utama wisata disamping jarak yang dekat dengan kota, kondisi jalan aspal yang baik juga menjadi nilai tambah bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke tahura lati petangis.

    

Objek wisata yang lebih dikenal dengan wisata danau BHP petangis (Eks areal tambang PT. BHP) ini menawarkan beberapa pilihan wisata, seperti wisata mengelilingi danau gentung dayo (PIT 1) dengan perahu, wisata jembatan gentung dayo yang baru saja di cat ulang dengan nuansa warni warni, lintasan jogging track, dermaga warna warni dan tentu saja wisata alam yang merupakan esensi dari taman hutan raya, pada kawasan tahura masyarakat dapat melihat perbedaan antara hutan alami dan hutan revegetasi yang masuk dalam blok koleksi pengelolaan tahura.

Untuk menjaga kebersihan telah disediakan tong sampah besar pada titik-titik keramaian, sebelumnya pengelola tahura juga telah memasang papan-papan himbauan untuk menjaga kebersihan yang ternyata cukup efektif mengurangi prilaku membuang sampah di sembarang tempat.

Jumlah pengunjung tahura tahun ini lebih banyak dari libur lebaran tahun-tahun sebelumnya, peningkatan ini tidak lepas dari adanya beberapa perbaikan dan peningkatan sapras didalam kawasan wisata tahura. Pengelolaan wisata di libur lebaran ini juga melibatkan peran serta POKDARWIS (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) masyarakat desa Saing Prupuk.

Peningkatan fasilitas wisata di Tahura Lati Petangis akan terus di tingkatkan, selain sebagai wisata alam kawasan ini juga berfungsi sebagai wisata pendidikan. Diharapkan kedepannya Tahura Lati Petangis dapat menjadi destinasi wisata andalan di Kab. Paser.

Source http://dlh.paserkab.go.id http://dlh.paserkab.go.id/detailpost/berwisata-di-tahura-lati-petangis
Comments
Loading...