Taman Hutan Kota Talang Indah

Taman Hutan Kota Talang Indah Pringsewu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kalurahan Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Meski belum begitu terkenal serta masih sedikit wisatawan yang mengunjunginya, tetapi suasana alamnya benar-benar indah dan sangat pantas dipamerkan melalui media sosial khususnya facebook dan instagram.

   

Sebagai sebuah obyek wisata alam, Taman Hutan Kota Talang Indah Pringsewu merupakan sebuah tempat terbaik untuk berlibur bersama sahabat dekat atau keluarga. Apalagi didukung dengan fasilitas wisata yang lumayan lengkap, dijamin tidak menimbulkan kerepotan seperti ketika hendak berpelancong ke gunung atau tempat sejenis lainnya.

Akses Menuju Taman Hutan Kota Talang Indah

Jika anda ingin berlibur ke Taman Hutan Kota Talang Indah Pringsewu di Lampung. Tugu Bambu yang ada di Kabupaten Pringsewu bisa dijadikan petunjuk awal perjalanan. Dari sini kendaraan bisa dipacu menuju Kota Agung dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja. Sedangkan dari Bandar Lampung, memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Bagi pengunjung luar daerah.

Sebaiknya mencari hotel di Lampung saja, karena obyek wisata alam ini belum dilengkapi fasilitas akomodasi penginapan. Setelah bertemu Pasar Pringsewu langsung terus saja sampai ke Pasar Pagi Fajaresuk. Sekitar 200 meter setelah itu ada jalan menikung dan di sebelah kanannya terdapat jalan kecil dengan kondisi masih berbatu dan belum beraspal. Tidak lama kemudian traveler akan menjumpai suatu pemukiman penduduk dan aliran irigasi yang di tepiannya penuh dengan tanaman bambu berdaun hijau lebat. Kurang lebih 300 meter berikutnya sampailah di tempat tujuan.

Keindahan Taman Hutan Kota Talang Indah

Begitu tiba di lokasi, wisatawan akan langsung disambut dengan keindahan area persawahan dengan tanaman padinya yang sedang menguning atau menghijau. Di sekelilingnya tumbuh subur ratusan pohon pisang dan ada sebuah aliran sungai kecil. Sebenarnya, Taman Hutan Kota Talang Indah Pringsewu sudah ada sejak masa pemerintahan kolonial Belanda dan dibuat pada tahun 1928. Tapi saat itu hanya difungsikan sebagai aliran irigasi saja untuk mengairi persawahan di daerah sekitarnya.

Fungsi sebagai sistem pengairan tersebut masih berjalan sampai sekarang. Wisata alam ini berbentuk perbukitan. Di puncaknya terdapat jembatan kuno serta talang air. Melalui talang air tersebut, air dialirkan ke bukit-bukit lain sehingga mampu membuat aneka tanaman yang dibudidayakan tumbuh dengan subur. Ketika memasuki kawasan wisata alam ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 3.000 saja per pengunjunjung. Kemudian bagi wisatawan yang mengajak anak-anak, bisa mengajak mereka masuk ke wahana permainan yang harga tiketnya sebesar Rp. 10.000 untuk setiap pengunjung.